MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI KABUPATEN ENREKANG STUDI KOMPARASI : PUSKESMAS KOTA ENREKANG DAN PUSKESMAS MALUA

Syahirah (2017) MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI KABUPATEN ENREKANG STUDI KOMPARASI : PUSKESMAS KOTA ENREKANG DAN PUSKESMAS MALUA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS OKEEEEEEEEEEEEE.pdf] Text
TESIS OKEEEEEEEEEEEEE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya disparitas
kesehatan yang sangat tajam antara daerah terpencil dan perkotaan, dimana
kurangnya dukungan tenaga, sarana dan prasarana membuat pelayanan kesehatan
di daerah terpencil cenderung tidak optimal.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung dan
berobat di Puskesmas Kota dan Puskesmas Malua Kabupaten Enrekang selama
selama penelitian berlangsung dengan jumlah sampel masing – masing sebanyak
100 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi: kuesioner/angket, wawancara, telaah dokumen. Data dianalisa dengan
menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Mutu pelayanan pada
Puskesmas Kota Enrekang dan Puskesmas Malua ditinjau dari Dimensi
kompetensi teknis secara umum dikategorikan baik, dengan rata-rata persentase
kepuasan pasien Puskesmas Kota lebih tinggi daripada Puskesmas Malua (2)
Dimensi Akses terhadap pelayanan secara umum dikategorikan Sangat Baik, dengan rata-rata kepuasan persentase pasien Puskesmas Kota Enrekang lebih
tinggi daripada Puskesmas Malua (3) Dimensi Efektifitas dikategorikan Baik,
dengan rata – rata persentase kepuasan pasien lebih tinggi pada Puskesmas Kota
daripada Puskesmas Malua (4) Dimensi hubungan antar manusia dapat dikatakan
Baik, dengan rata – rata persentase kepuasan pasien lebih tinggi pada Puskesmas
Kota Enrekang daripada Puskesmas Malua(5) Dimensi kefisiensi dikategorikan
Baik, dengan rata-rata persentase kepuasan pasien Puskesmas Kota lebih tinggi
daripada Puskesmas Malua (6) Dimensi Kelangsungan pelayanan dikategorikan
Baik, dengan rata-rata persentase kepuasan pasien Puskesmas Kota Enrekang
lebih tinggi dari Puskesmas Malua, (7) Dimensi Keamanan dapat dikategorikan
baik, dengan rata-rata persentase kepuasan pasien Puskesmas Kota Enrekang lebih
tinggi dari Puskesmas Malua, (8) Dimensi Kenyamanan dapat dikategorikan baik, dengan rata-rata persentase Puskesmas Kota lebih tinggi dari Puskesmas Malua. Saran untuk peningkatan mutu pelayanan adalah: pemeretaan tenaga medis
disemua Puskesmas, Penambahan peralatan medis khususnya untuk puskesmas di
daerah terpencil, penambahan fasilitas – fasilitas pendukung khususnya di
Puskesmas daerah terpencil, peningkatan kualitas SDM di semua Puskesmas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:29
Last Modified: 22 Aug 2024 02:29
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item
View Item