PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN KUSTA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KUSTA DR TADJUDDIN CHALID MAKASSAR

Aldi, Andika Saputra (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN KUSTA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KUSTA DR TADJUDDIN CHALID MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS.pdf] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Kusta Rawat Jalan di
Rumah Sakit Kusta Dr. Tadjuddin Chalid. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui besaran pengaruh, baik secara simultan maupun secara
parsial atas aspek Responsiveness (Waktu Tunggu), Assurance (Perilaku
Petugas Kesehatan) dan Tangibles (Lingkungan & Sarana Prasana)
Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan yang terlihat pada aspek
Kemampuan Petugas Memberikan Pelayanan Sesuai Standar Pelayanan,
Petugas Kesehatan Memiliki Kompetensi dan Pengalaman Cukup Baik,
Ketersediaan Obat-obatan, Kemudahan dan Kenyamanan Pasien,
Keamanan dan Keselamatan Pasien kusta.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jumlah
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 210 orang. Penentuan sampel
dalam penelitian ini berjumlah 134 dengan menggunakan rumus Slovin.
Teknik Pengumpulan Data dengan penyebaran kuensioner, wawancara,
telaah dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisa statistik Regresi
guna melihat besaran pengaruh pada taraf signifikansi/nilai
probabilitasnya 0,05 atau 5%.
Hasil penelitian, menunjukkan terdapat pengaruh secara Simultan
atau besama-sama (Responsiveness, Assurance dan Tangibles) terhadap
Kepuasan Pasien sebesar cukup kuat. Secara parsial (Responsiveness
(X1)) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pasien Kusta dan pada
Aspek (Assurance (X2)) terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan
pasien serta pada aspek (Tangibel/Bukti fisik (X3) terhadap tingkat
kepuasan pasien kusta (Y) bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas
tingkat kepuasan pasien kusta pada RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien Kusta

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:40
Last Modified: 22 Aug 2024 02:40
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item
View Item