Tahani (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 01-LEMBAR JUDUL.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01-LEMBAR JUDUL.pdf
Download (42kB)
![[thumbnail of 02-HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02-HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (476kB)
![[thumbnail of 04-LEMBAR PERNYATAAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04-LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of 06-INTISARI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06-INTISARI.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 05-KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05-KATA PENGANTAR.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 07-DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07-DAFTAR ISI.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 11-BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 12-BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12-BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (467kB)
![[thumbnail of 13-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
![[thumbnail of 14-BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14-BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (713kB)
![[thumbnail of 16-DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (137kB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendapatkan manfaat dalam tujuan deskriptif dengan menggunakan perangkat kuesioner untuk menguji indikator yang digunakan mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RS Unhas, didukung dengan telaah dokumen, wawancara serta observasi (pengamatan). Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling dengan menggunakan rumus Slovin tingkat kesalahan 10% sehingga sampel penelitian terdapat 100 responden yang terdiri dari pasien rawat jalan yang sudah berulang kali menggunakan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji Simultan (uji serempak) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, sedangkan berdasarkan Uji parsial menunjukkan bahwa Sub Varibel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari enam aspek yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggungjawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien. Dan yang memiliki nilai beta tertinggi (0,383) adalah aspek sikap sehingga dapat dikatakan bahwa yang paling berpengaruh terhadap peningkatan Kepuasan Pasien adalah aspek Sikap dibandingkan sub variabel lainnya.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan, pasien rawat jalan, rumah sakit
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2016 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:58 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:58 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1598 |