PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

Tahani (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01-LEMBAR JUDUL.pdf] Text
01-LEMBAR JUDUL.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 02-HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
02-HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 04-LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
04-LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 06-INTISARI.pdf] Text
06-INTISARI.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 05-KATA PENGANTAR.pdf] Text
05-KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 07-DAFTAR ISI.pdf] Text
07-DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 11-BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
11-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 12-BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
12-BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 13-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
13-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of 14-BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
14-BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[thumbnail of 16-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendapatkan manfaat dalam tujuan deskriptif dengan menggunakan perangkat kuesioner untuk menguji indikator yang digunakan mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RS Unhas, didukung dengan telaah dokumen, wawancara serta observasi (pengamatan). Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling dengan menggunakan rumus Slovin tingkat kesalahan 10% sehingga sampel penelitian terdapat 100 responden yang terdiri dari pasien rawat jalan yang sudah berulang kali menggunakan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji Simultan (uji serempak) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, sedangkan berdasarkan Uji parsial menunjukkan bahwa Sub Varibel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari enam aspek yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggungjawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien. Dan yang memiliki nilai beta tertinggi (0,383) adalah aspek sikap sehingga dapat dikatakan bahwa yang paling berpengaruh terhadap peningkatan Kepuasan Pasien adalah aspek Sikap dibandingkan sub variabel lainnya.

Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan, pasien rawat jalan, rumah sakit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2016
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:58
Last Modified: 22 Aug 2024 02:58
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item
View Item