Nur, Eka Wasiastuti (2019) PELAYANAN PENDAFTARAN KAPAL ONLINE PADA KANTOR KESYAHBANDARAN UTAMA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of tesis-nur eka wasistuti.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
tesis-nur eka wasistuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
penerapan pelayanan pendaftaran kapal elektronik pada Kantor
Kesyahbandaran Utama Makassar sehingga dapat mewujudkan visi dan
misi Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar dalam memberikan
pelayanan kepada masayarakat.
Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif deskriptif dimana penelitian dilakukan untuk
mendeskripsikan gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi secara
factual, sistematis dan akurat. Variable yang diteliti pada penelitian ini
adalah pelayanan pendaftaran kapal online yang meliputi pemberi layanan
yaitu Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Penerima Layanan yaitu
pemilik kapal dan saluran pelayanan yaitu aplikasi kapal online yang dapat
di akses melalui www.kapal.dephub.go.id. Instrument pengumpulan data
dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan telaah dokumen.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Pelayanan pendaftaran kapal
dilihat dari ketiga komponen pendaftaran kapal online secara umum untuk
operator telah memberikan pelayanan yang baik. Ramah dan sopan
dalam melayani pemohon secara langsung, jelas dan tegas dalam
melayani pemohon secara online. Ditinjau dari sisi pemohon, pendaftaran
kapal mudah untuk dilaksanakan, mudah dan memudahkan pemilik
karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja serta mudah
dimonitor. Pendaftaran kapal online dilihat dari aplikasi kapal online telah
sesuai dengan kebutuhan pemilik kapal, mudah untuk di akses dan
memudahkan pemilik untuk mendaftarkan kapalnya karena disediakan
buku panduan yang detail membahas tentang tata cara menggunakan
aplikasi pendaftaran kapal online. Meskipun untuk layanan pengaduan
masih harus dikembangkan dan dioptimalkan penggunaannya, karena
layanan pengaduan hanya untuk kapal yang telah di daftarkan
sebelumnya.
Kata Kunci : Kapal, Pendaftaran, Kesyahbandaran Utama
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:15 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:15 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1608 |