Muthmainnah, Madaaly (2016) KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RSUD MASSENREMPULU KABUPATEN ENREKANG. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
innaaaaaaaaaaaaaaaa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah pemakaian tempat tidur BOR (Bed Occupancy Rate) di Rumah Sakit Umum Daerah Massenrempulu Kabupaten Enrekang hanya 70%, masih dibawah nilai yang ideal yaitu 75%-85%, kurangnya tenaga dokter, keterlambatan waktu pelayanan, sarana dan prasarana masih belum memadai, ketidakjelasan informasi tentang tindakan medis yang diberikan kepada pasien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasaan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Massenrempulu Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap yang dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah Massenrempulu Kabupaten Enrekang dengan jumlah sampel sebanyak 176 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: kuesioner/angket, wawancara, observasi, telaah dokumen. Data dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kualitas pelayanan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum daerah Kabupaten Enrekang ditinjau dari dimensi ketepatan waktu pelayanan dikategorikan sangat baik, (2) dimensi akurasi pelayanan dikategorikan baik, (3) dimensi kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan dikategorikan sangat baik, (4) dimensi tanggung jawab dikategorikan sangat baik, (5) dimensi kemudahan mendapatkan pelayanan dikategorikan baik. Saran untuk peningkatan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Massenrempulu Kabupaten Enrekang adalah Rumah Sakit Umum Daerah Massenrempulu membuat SOP dan jika ada pelanggaran maka akan dikenakan sanksi, kebersihan dan kenyamanan ruang pasien harus lebih ditingkatkan, kesopanan dan keramahan petugas di Rumah Sakit Umum Darerah Massenrempulu perlu ditingkatkan, Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah sering diadakan pelatihan pelayanan prima bagi karyawan yang ada di sana. Petugas di Rumah Sakit Umum Daerah Massenrempulu sebaiknya memberikan penjelasan mengenai jenis dan fungsi obat kepada pasien, Penambahan jumlah loket.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2016 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:22 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1611 |