Edy, Jumadi (2017) PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PUSAT JANTUNG TERPADU (PJT) RS.Dr.WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of Tesis Edy Jumadi, 2005.05.048,APK (2).pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Edy Jumadi, 2005.05.048,APK (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di poliklinik Pusat Jantung Terpadu (PJT) RS.Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Poliklinik Pusat Jantung Terpadu (PJT) RS.Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey analitik yang menjelaskan dinamika korelasi antara variabel independen dan variabel dependen pada saat bersamaan, yang akan mengungkap pengaruh mutu pelayanan (reliabilitas, jaminan, empati, bukti fisik, dan kehandalan) terhadap kepuasan pasien di poliklinik PJT RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang untuk berobat di Poliklinik Pusat Jantung Terpadu (PJT) RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar tahun 2016. Besar sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel pada peneltian ini adalah 197 orang. Hasil penelitian menunjukkan secara deskriptif Mutu Pelayanan dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles di poliklinik Pusat Jantung Terpadu (PJT) RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dinilai tinggi (3.7). Dengan demikian mutu pelayanan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kepuasan pasien. Hasil uji statistik pada semua dimensi Mutu Pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles) didapatkan nilai signifikansi 0.00 menunjukkan H1 diterima atau ada pengaruh yang signifikan antara Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di poliklinik PJT RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Mutu pelayanan pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles perlu lebih ditingkatkan agar pasien merasa puas dengan mutu pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 05:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 05:41 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1635 |