Hilyanah (2017) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP INTERNA DI RUMAH SAKIT UMUM I LAGALIGO LUWU TIMUR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS- HILYANAH.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS- HILYANAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian adalah “Bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap Interna RSUD I Lagaligo Luwu Timur”, berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti bertujuan untuk memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas kesehatan terhadap pasien di RSUD I Lagaligo Luwu Timur.
Metode pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dan/atau keluarga pasien yang dirawat di ruang rawat inap interna RSUD I Lagaligo Luwu Timur, tekhni sampling yang digunakan adalah sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 93 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan yaitu ketepatan waktu pelayanan berkaitan dengan waktu tunggu dan proses pada RSUD I Lagaligo Luwu Timur dalam memberikan pelayanan kepada pasien dinilai cukup berkualitas dengan rata-rata skor 3,38 (67,74%), akurasi pelayanan dan ketepatan pelayanan pada RSUD I Lagaligo Luwu Timur dalam memberikan pelayanan kepada pasien dinilai cukup berkualitas dengan rata-rata skor 3,72 (74,51%), perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien dinilai cukup berkualitas dengan rata-rata skor 3,60 (72,26% ), tanggung jawab petugas dalam penanganan keluhan pasien pada RSUD I Lagaligo Luwu Timur dalam memberikan pelayanan kepada pasien dinilai berkualitas dengan rata-rata skor 3,91 (78,44%), jumlah petugas pada RSUD I Lagaligo Luwu Timur dalam memberikan pelayanan kepada pasien dinilai cukup berkualitas dengan rata-rata skor 3,87 (76,23%), kenyamanan pelayanan pada RSUD I Lagaligo Luwu Timur yang di rasakan pasien dinilai cukup berkualitas dengan rata-rata skor 3,56 (73,11%), dan kesediaan dan kelengkapan fasilitas seperti kebersihan dan kondisi lingkungan serta fasilitas lainnya pada RSUD I Lagaligo Luwu Timur cukup berkualitas dengan rata-rata skor 3,26 (65,37%).Hal ini menunjukkan bahwa semakin berkualitas pelayanan yang diberikan, pasien akan merasa puas hal ini harus dipertahankan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 06:05 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 06:05 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1645 |