ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA MAKASSAR

Ramli (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS-RAMLI.pdf] Text
TESIS-RAMLI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan kesehatan di unit instalasi gawat darurat RSUD Kota Makassar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan menganalisis kualitas Pelayanan kesehatan di Unit Instalasi Gawat Darurat RSUD Kota Makassar yang terdiri atas indikator Struktur (input), prosses, dan outcome. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Unit Instalasi Gawat Darurat RSUD Kota Makassar dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 orang pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan kesehatan di unit IGD ditinjau dari aspek stuktur (Input) yang mencakup kemampuan petugas, ketersediaan peralatan, ketersedian obat-obatan, kelengkapan sarana penunjang, akses unit rawat IGD dan kenyamanan pasien termasuk dalam kategori berkualitas. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas struktur pelayanan kesehatan di unit IGD dalam kategori baik dengan sumber daya yang dimiliki unit IGD sesuai dengan harapan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan di unit IGD ditinjau dari aspek proses yang mencakup: hubungan interpersonal, kecepatan pelayanan, pemeriksaan kesehatan, penjelasan petugas, dan pencatatan termasuk dalam kategori berkualitas. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas proses pelayanan kesehatan di unit IGD dalam kategori baik dengan interaksi antara petugas dan pasien IGD terjalin dengan baik dan memenuhi standar kriteria pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien sebagai penerima layanan. Kualitas pelayanan di unit IGD ditinjau dari aspek outcome yang mencakup kepuasan pasien unit IGD setelah menerima pelayanan dalam kategori berkualitas. Loyalitas kunjungan pasien di unit IGD dapat dilihat dari pasien yang merasa puas dalam menerima pelayanan kesehatan di unit IGD sehingga setelah pasien memperoleh layanan akan memberikan tanggapan positif dan merekomendasikan keluarganya untuk memeriksa kondisi kesehatan dan mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan di Unit IGD RSUD kota Makassar karena merasa puas dengan pelayan yang diberikan. Pencapaian yang baik dari aspek outcome ini tidak terlepas dari kualitas struktur dan proses yang baik. Adapun yang menjadi saran dan rekomendasi agar pihak RSUD kota Makassar khususnya Unit IGD agar menjaga dan tetap meningkatkan kualitas pelayanan dari aspek struktur, proses dan outcome dalam mewujudkan Visi dan Misi RSUD kota Makassar menjadi rumah sakit berstandar kota dunia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2019
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:18
Last Modified: 22 Aug 2024 06:18
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item
View Item