Intan, Nirwana (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEBIDANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BERSALIN DI PUSKESMAS LIU KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-INTAN NIRWANA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-INTAN NIRWANA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana
Pengaruh Kualitas Pelayanan Kebidanan Terhadap kepuasan pasien Bersalin
di Puskesmas Liu Kabupaten Wajo. Berdasarkan permasalahan tersebut
maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
kualitas pelayanan kebidanan terhadap kepuasan pasien bersalin di
Puskesmas Liu Kabupaten Wajo.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dan
kuantitatif sementara tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan
wawancara, pemberian angket dan telaah dokumen. Penetapan sampel atau
responden dilakukan dengan metode sensus yaitu mengembil semua populasi
menjadi sampel sebesar 50 orang. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis Deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji regresi
berganda, uji korelasi berganda dan pengujian regresi parsial (t) dan
Berganda (F) dengan menggunakan versi 18 dari Statistical program for
society sience.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Kualitas pelayanan
memiliki koefisien regresi parsial sebesar 4.984 dengan tingkat signifikan 0
persen dibawah toleransi signifikan 5 persen sehingga dapat diartikan
Variabel Kualitas berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan Pasien
Bersalin di Puskesmas Liu Kabupaten Wajo. Dengan membandingkan antara
F hitung dan F tabel, diperoleh bahwa F hitung = 24,842 > 2,45 (F tabel) maka
Ho ditolak berarti Ha diterima dengan pernyataan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara variable indefendent yang diteliti secara bersamaan
(simultan) terhadap kepuasan pasien bersalin di puskesmas Liu Kabupaten
Wajo. Sebagai saran, pada bagian pendaftaran hendaknya membedakan
tempat pelayanan umum dan BPJS agar mudah dalam pelayanan,
tersedianya apotik pelengkap, menjadikan Puskesmas Liu menjadi
Puskesmas PONED, meningkatkan pengetahuan bidan agar mampu
mendeteksi awal ibu hamil dan kemungkinan masalah yang akan timbuls dan
membuat satu ruangan khusus untuk tindakan bayi dan perawatan bayi yang
bermasalah.
Kata Kunci : Kualitas dan Kepuasan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 06:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 06:34 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1659 |