ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN POLI UMUM PADA PUSKESMAS KASSI-KASSI MAKASSAR

Elsa Riantika, Elsa (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN POLI UMUM PADA PUSKESMAS KASSI-KASSI MAKASSAR. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 3. SKRIPSI PDF ELSA.pdf] Text
3. SKRIPSI PDF ELSA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan hasil pendapat dan penilaian dari pasien
terhadap kinerja pelayanan yang diberikan kepada aparatur penyelenggara
pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan
pasien poli umum terhadap pelayanan yang telah disediakan oleh Puskesmas
Kassi-Kassi Makassar yang diukur dari tiga unsur survey kepuasan masyarakat
yang diambil dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi
dan Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei
Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang terdiri dari
waktu penyelesaian, perilaku pelaksana, serta sarana dan prasarana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.
Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini dengan cara menyebarkan
kuesioner kepada 99 responden, melakukan wawancara kepada enam orang
pasien, serta observasi dan telaah dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data
pada penelitian ini yaitu mentabulasi hasil jawaban responden yang telah mengisi
kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga unsur tersebut, faktor
sarana dan prasarana merupakan faktor yang sangat mempengaruhi tingkat
kepuasan pasien poli umum Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar dengan
kategori memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:30
Last Modified: 21 Jul 2024 23:46
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item