ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS PITUMPANUA KABUPATEN WAJO

Sumarni, Harman (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS PITUMPANUA KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS SUMARNI HARMAN.pdf] Text
TESIS SUMARNI HARMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan antenatal di puskesmas Pitumpanua kabupaten Wajo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan antenatal di puskesmas Pitumpanua kabupaten Wajo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan datanya yaitu kuisioner, wawancara, observasi dan telaah dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah ibu hamil yang mengunjungi puskesmas Pitumpanua yaitu sebanyak 889 orang dengan sampel yang menggunakan rumus Slovin sebanyak 90 orang ibu hamil dengan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan antenatal di puskesmas Pitumpanua kabupaten Wajo dari aspek bukti fisik, kehandalan pelayanan, daya tanggap, jaminan pelayanan, dan perhatian pelayanan secara bersama-sama dapat dikategorikan baik, yaitu sebagian besar responden merasa puas dalam pelayanan ibu hamil di ruang antenatal puskesmas Pitumpanua kabupaten Wajo. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan ibu hamil di ruang antenatal puskesmas Pitumpanua secara keseluruhan yaitu kehandalan pelayanan, daya tanggap, jaminan pelayanan, dan perhatian pelayanan sudah baik, namun masih ada yang perlu diperbaiki yaitu masalah sarana dan prasarana, serta kurangnya komunikasi antara ibu hamil dengan petugas kesehatan serta segi keamanan pasien juga masih rendah. Sebagai saran yaitu hendaknya petugas kesehatan di puskesmas Pitumpanua memperbaiki sarana dan prasaran serta menambah alat-alat kesehatan yang berhubungan dengan pemeriksaan ibu hamil, serta keamanan di puskesmas perlu ditingkatkan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan pasien.

Kata Kunci : Kehandalan Pelayanan, Daya Tanggap, Jaminan Pelayanan, dan Perhatian Pelayanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:21
Last Modified: 22 Aug 2024 07:21
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item
View Item