BARBALINA, HELENA AIFUFU (2019) MANFAAT SERTIFIKASI PADA GURU SMP NEGERI 1 TEMINABUAN KABUPATEN SORONG SELATAN. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-BARBALINA HELENA AIFUFU.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-BARBALINA HELENA AIFUFU.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Di Kabupaten Sorong Selatan, banyak sekali guru baik dari
jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, bahkan Sekolah
Menengah Pertama yang ingin menjadi guru bersertifikasi, namun masih
banyak yang belum terdaftar sebagai peserta Uji Kompetensi Guru dan
bahkan ada guru yang sudah selama mengikuti Uji Kompetensi Guru tapi
hanya sedikit orang saja yang lulus untuk maju ke tahap selanjutnya. Hal
ini dikarenakan banyak mengalami kendala-kendala seperti Belum
memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Nilai Uji
Kompetensi Guru dibawah standar kelulusan yang telah ditetapkan dan
juga karena faktor jaringan di daerah teminabuan kabupaten sorong
selatan yang belum stabil untuk melaksanakan Ujian secara online. Hal ini
dapat dilihat pada hasil Uji Kompetensi Guru Tahun 2015 di Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten sorong Selatan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat sertifikasi pada guru
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Teminabuan Kabupaten Sorong
Selatan.
Sebagaimana terdapat pada Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 18 Tahun 2007, mengatur bahwa untuk menjadi guru
profesional, maka guru harus berada pada kriteria yang telah ditentukan,
yaitu kualifikasi pendidikan, kompetensi, sertifikat pendidik, dan kinerja.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer
yang didapatkan dengan cara wawancara terhadap informan. Sementara
sumber data sekunder diperoleh dengan hasil observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek kualifikasi
pendidikan sudah baik karena semua guru sudah sarjana sesuai mata
pelajaran yang diampuh. Pada aspek kompetensi, sudah baik karena hasil
kelulusan siswa setiap tahun yang selalu meningkat nilainya dan hasil
olimpiade sains yang dijuarai oleh siswa di tingkat kabupaten, provinsi dan
nasional. Pada aspek sertifikat pendidik cukup baik karena kompetensi
yang dimiliki oleh guru yang semakin meningkat sehingga nilai lulusan
dapat meningkat. Pada aspek kinerja sudah baik karena terciptanya
proses belajar mengajar yang semakin efektif. Oleh karena itu, penulis
memberikan saran bahwa Pada aspek kualifikasi akademik, kompetensi,
sertifikat pendidik, dan kinerja perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Kata Kunci: Manfaat, Sertifikat Guru, Pemerintah Daerah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 01:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 01:26 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1714 |