Harapan Kerja Calon Pegawai Negeri Sipil Generasi Milenial (Studi Kasus: Peserta Latsar BPSDM Provinsi Papua dan Peserta Latsar Puslatbang KMP LAN Makassar

Amir Imbaruddin, Amir and Aulia Rahman, Aulia (2022) Harapan Kerja Calon Pegawai Negeri Sipil Generasi Milenial (Studi Kasus: Peserta Latsar BPSDM Provinsi Papua dan Peserta Latsar Puslatbang KMP LAN Makassar. Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of Penilitian Prof Amir.pdf] Text
Penilitian Prof Amir.pdf

Download (434kB)

Abstract

Indonesia termasuk negara yang mempunyai jumlah warga terbesar di dunia. Pada tahun 2020 sampai 2030 Indonesia sedang dalam fase bonus demografi. Pada tahun 2021 pemerintah membuka lowongan kerja ASN sebesar 1.275.384 Tetapi berdasarkan data dari Karo Humas BKN menjelaskan, ternyata dari 53 instansi pusat penyelenggara CPNS 2021 ada 138 peserta dinyatakan mengundurkan diri. Menurut data dari BKPSDM Kabupaten Buleleng secara personal, masing-masing pegawai baru memiliki ekspektasi atau harapan yang terkait dengan pekerjaan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan atau mendeskripsikan Harapan Kerja Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Generasi Milenial yang diukur 16 dimensi.
Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (Mix Methods) concurrent embedded strategy, dengan desain penelitian deskriptif studi kasus. Lokus penelitian ini adalah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua dan Puslatbang KMP LAN Makassar. Sedangkan yang menjadi responden dan narasumber adalah peserta LATSAR BPSDM Provinsi Papua dan Peserta LATSAR Puslatbang KMP LAN Makassar yang termasuk dalam generasi milenial atau yang lahir pada tahun 1980 sampai 2000. Hasil penelitian pekerjaan yang menantang, kolaborasi dan kerja sama, dapat meningkatkan taraf hidup, pekerjaan professional, dapat mempengaruhi keputusan penting, keamanan kerja, stabil secara ekonomi, berperan dalam pelayanan publik dan reputasi sosial yang baik merupakan harapan kerja CPNS Generasi Milenial. Selanjutnya ada 4 dimensi yang tidak dapat ditarik kesimpulan antara lain, Pekerjaan yang menarik, Mempunyai banyak koneksi, Kewenangan atau pengaruh dan Sistem kepegawaian. Sedangkan transparansi dan komunikasi, keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi dan kompensasi bukan merupakan harapan kerja CPNS Generasi Milenial.

Item Type: Other
Subjects: Karya Ilmiah > Karya Ilmiah
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:40
Last Modified: 10 Jan 2023 07:45
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item
View Item