ANALISIS PEMBERDAYAAN PETUGAS PARKIR PADA KANTOR PERUSAHAAN DAERAH PARKIR MAKASSAR RAYA KOTA MAKASSAR

Dedy, Herianto (2017) ANALISIS PEMBERDAYAAN PETUGAS PARKIR PADA KANTOR PERUSAHAAN DAERAH PARKIR MAKASSAR RAYA KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of Dedy Herianto 2015.02.001.pdf] Text
Dedy Herianto 2015.02.001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan petugas parkir dalam melaksanakan tugasnya yang mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik parkir dan banyaknya petugas parkir yang meminta jasa parkir diatas dari tarif yang ditentukan oleh pihak Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya. Selain itu, sikap yang kurang sopan petugas parkir dalam memberikan pelayanan yang dikeluhkan oleh para pelanggannya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemberdayaan petugas parkir Pada Kantor Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya. Dalam penelitian ini menggunakan teori dari Stewart yang mengungkapkan ada delapan aspek yang perlu diperhatikan jika hendak memberdayakan pegawai, yaitu mengembangkan visi bersama, mendidik pegawai, meniadakan rintangan, menyatakan keinginan, memberikan motivasi, memberikan perlengkapan, melakukan evaluasi, dan mengharapkan keberhasilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas parkir yang bekerja Pada Kantor Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya yang berjumlah 1.702 orang yang terbagi kedalam 14 kecamatan dan 1.125 titik parkir. Sampel dalam penelian ini adalah 94 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan Petugas Parkir Pada Kantor Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya berdasarkan aspek: mengembangkan visi bersama (kurang baik), mendidik pegawai (kurang baik), meniadakan rintangan (baik), menyatakan keinginan (cukup baik), memberikan motivasi (baik), memberikan perlengkapan (cukup baik), melakukan evaluasi (baik), dan mengharapkan keberhasilan (cukup baik). Oleh karena itu, penulis menyarankan agar pihak Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya perlu meningkatkan sosialisasi tentang visi organisasi supaya Petugas Parkir mengacu kepada visi tersebut. Pihak Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya juga perlu membuat program pelatihan guna meningkatkan kompetensi para Petugas Parkir kemudian menyiapkan lahan parkir yang luas sehingga tidak menimbulkan kemacetan. Selain itu, Petugas Parkir juga diharapkan agar dapat melayani pelanggannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:46
Last Modified: 23 Aug 2024 01:46
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item
View Item