Kamaruddin (2016) KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN DAN KALIBRASI ALAT KESEHATAN DI BALAI PENGAMANAN FASILITAS KESEHATAN MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of THESIS OK KAMARUDDIN APK 2014_NPM 2014..05.030.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS OK KAMARUDDIN APK 2014_NPM 2014..05.030.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan yang berkualitas
sangat diperlukan seiring makin meningkatnya kemajuan teknologi peralatan
kesehatan karena tingginya ketergantungan penggunaan peralatan dalam
pelayanan kesehatan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah kualitas pelayanan pengujian dan kalibrasi alat
kesehatan di Balai Pengamanan Fasilitas kesehatan (BPFK) Makassar.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan di
Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu
suatu penelitian yang meninjau kualitas pelayanan pengujian dan kalibrasi.
Populasi dalam penelitian adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang dilayani
sebanyak 397 fasyankes. Adapun sampel dalam penelitian ditetapkan
dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana (Simple
random sampling) dengan jumlah 80 responden menggunakan kuisioner,
wawancara, telaah dokumen dan observasi sebagai sumber analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengujian
dan kalibrasi di BPFK Makassar yaitu aspek ketepatan waktu pelayanan
dengan persentase rata-rata 80% atau kategori baik, Aspek akurasi
pelayanan dengan persentase 84% atau kategori baik, aspek tanggung
jawab dengan persentase rata-rata 85% atau kategori sangat baik, aspek
kelengkapan dengan persentase rata-rata 83% atau kategori baik, aspek
keramahan dan kesopanan dengan persentase rata-rata 86% atau sangat
baik, aspek kemudahan mendapatkan layanan dengan persentase 88% atau
kategori sangat baik. Dari keseluruhan aspek kualitas pelayanan pengujian
dan kalibrasi dengan persentase rata-rata adalah 84% atau kategori baik.
Perbaikan pada seluruh aspek perlu terus dilakukan guna lebih meningkatkan
kualitas pelayanan.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, BPFK Makassar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2016 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 02:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 02:19 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1747 |