KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN BARRU

Suryawati, Jamaluddin (2017) KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA KABUPATEN BARRU. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of Suryawati Tesis.pdf] Text
Suryawati Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana kualitas
pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Dinas Penanaman Modal,
Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Barru. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menjelaskan kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan pada Dinas
Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten
Barru.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
penelitiaan kuantitatif. Bahwa dalam penelitian ini, pokok permasalahan yang
merupakan titik tolak penelitian sudah jelas yang dibuktikan dengan data hasil
penelitian maupun dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan telaah dokumen.
Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling aksidental.
Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa ketepatan waktu menunjukkan
nilai kualitas cukup baik, akurasi pelayanan dengan nilai kualitas baik,
kesopanan dan keramahan dengan nilai kualitas baik, tanggung jawab pada nilai
kualitas cukup baik, kelengkapan pada nilai kualitas baik, kemudahan
mendapatkan pelayanan pada nilai kualitas sangat baik dan kenyamanan
dengan nilai kualitas sangat baik. Berdasarkan hal tersebut di atas maka dapat
disimpulkan bahwa kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas
Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten
Barru yang diberikan pada masyarakat menunjukkan nilai kualitas baik. Dari hasil
penelitian tersebut terdapat 2 sub variabel yang masih harus diperbaiki kualitas
pelayanannya yakni ketepatan waktu penyelesaian izin seharusnya selesai
berdasarkan waktu yang telah ditentukan pada Standar Operasional Prosedur
(SOP) dan petugas harus memiliki rasa tanggung jawab dalam penanganan dan
penyelesaian pengaduan masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:55
Last Modified: 23 Aug 2024 05:55
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item
View Item