ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LAMADDUKKELLENG KABUPATEN WAJO

Faisal (2018) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LAMADDUKKELLENG KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of Tesis Faisal 2016.05.032 APK 2018.pdf] Text
Tesis Faisal 2016.05.032 APK 2018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukkelleng adalah salah satu OPD
di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wajo yang merupakan unsur penunjang
penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang pelayanan kesehatan, dibentuk
untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan
barang/jasa yang dijual tanpa mengutamakan keuntungan dan dalam melakukan
kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas, memiliki tuntutan
yang besar untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada
masyarakat Kabupaten Wajo. Pelayanan yang berkualitas terutama pada pasien
rawat inap merupakan hal yang penting, karena persepsi tentang kualitas
pelayanan suatu rumah sakit terbentuk saat kunjungan pasien. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan
pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukkeleng
Kabupaten Wajo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode tersebut dipilih agar hasil
penelitian yang dilakukan dapat memberikan gambaran tingkat kepuasan pasien
rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo.
Metode analisis data penelitian ini menggunakan tabel distribusi frekuensi
dengan skala likert yang pengolahan datanya menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap
Rumah sakit Umum Daerah Lamaddukkeleng dari segi akses layanan
kesehatan, mutu layanan kesehatan, proses layanan kesehatan dan sistem
layanan kesehatan secara keseluruhan berada pada kategori puas. Namun tidak
dipungkiri masih adanya keluhan pasien dan keluarganya dari beberap aspek
tersebut yang memungkinkan pasien merasa dirugikan oleh karena itu
diharapkan kepada pihak RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo lebih
meningkatkan sarana dan prasarana perawatan serta memperhatikan kebutuhan
SDM petugas agar kualitas pelayanan bisa lebih ditingkatkan lagi.

Kata Kunci : RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo, Analisis Kepuasan pasien
rawat inap

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2018
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:02
Last Modified: 23 Aug 2024 06:02
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item
View Item