Subhan, Kamaruddin (2019) ANALISIS PELAYANAN PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RSUD H. ANDI SULTHAN DG RADJA BULUKUMBA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS Analisis Pelayanan Program BPJS di RSUD H. Andi Sultha.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS Analisis Pelayanan Program BPJS di RSUD H. Andi Sultha.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
BPJS Kesehatan adalah bagian dari JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang merupakan kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan kesehatan yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia. Adanya masalah yang ditemukan di RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba yaitu masih kurangnya tenaga dokter spesialis dasar, perlu penambahan tempat tidur sesuai rasio penduduk, masih sering terjadi peresepan diluar formularium nasional, serta tingkat kepatuhan dokter dalam melengkapi berkas rekam medis pasien. Untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan kebijakan ini, dibutuhkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, yang mekanisme penyelenggaraannya diatur di dalam Permenkes No. 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Penelitian ini menggunakan dengan metode deskriptif, pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran analisis pelayanan program BPJS Kesehatan di RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan pendekatan tingkat kepatuhan yang berlaku, lancarnya pelaksanaan rutinitas fungsi dan pendekatan terwujudnya dampak yang dikehendaki. Pihak RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba harus bekerja secara intens dalam hal perekrutan dokter spesialis untuk menutupi kekurangannya yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, penambahan tempat tidur yang sesuai dengan rasio penduduk untuk peningkatan pelayanan ke peserta/pasien. Pemanfaatan aplikasi yang telah dikembangkan berupa aplikasi SIRULI OL untuk pasien rujuk balik guna peningkatan layanan rujukan yang ada. Peningkatan kepatuhan dokter dalam peresepan obat yang sesuai dengan fornas dan pengadaan alat kesehatan yang penganggarannya melalui dana pusat harus sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Peningkatan kepatuhan dokter dalam melengkapi berkas rekam medis pasien yang menjadi berkas utama proses pengkalaiman ke BPJS.
Kata kunci : Analisis Pelayanan, BPJS, Rumah Sakit, Pelayanan Publik, Asuransi Kesehatan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:22 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 06:22 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1786 |