KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP PESERTA BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS LAMPA KABUPATEN PINRANG

Azis (2019) KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP PESERTA BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS LAMPA KABUPATEN PINRANG. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of AZIS TESIS 2017.14.003.pdf] Text
AZIS TESIS 2017.14.003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana
kualitas pelayanan rawat inap peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas
Lampa Kabupaten Pinrang yang diukur melalui varibel 5 dimensi
pelayanan publik yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance
dan emphaty. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pelayanan rawat inap
peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Lampa Kabupaten Pinrang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif,
metode ini untuk menggambarkan dan mengamati suatu fenomena dalam
hal ini variabel mana yang memiliki masalah terhadap pelayanan rawat
inap peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Lampa Kabupaten Pinrang.
Responden pada penelitian ini yaitu pasien rawat inap peserta
BPJS Kesehatan di Puskesmas Lampa Kabupaten Pinrang yang
berjumlah 23 orang. Tekhnik penentuan sampel yang digunakan pada
penelitian ini adalah accidental sampling yaitu tekhnik penetuan sampel
berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/ incidental
yang bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila
dipandang orang yang kebetulan ditemuai itu cocok sebagi sumber data
dengan jumlah sampel sebanyak 23 responden pasien dan 3 orang
tenaga kesehatan dan 1 orang karyawan BPJS Kesehatan. Hasil
penelitian menunjukkan masih terdapat pasien rawat inap peserta BPJS
Kesehatan merasakan kurang puas dari pelayanan yang diberikan dilihat
dari aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty
masih perlu perbaikan dalam upaya optimalisasi pelayanan kesehatan.
Disarankan kepada pihak manjemen Puskesmas dan BPJS Kesehatan
agar lebih memperhatikan kebutuhan pasien rawat inap peserta BPJS
Kesehatan dalam memenuhi hak pasien sebagai penerima layanan serta
peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi tenaga kesehatan selaku
pemberi layanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2019
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:26
Last Modified: 30 Aug 2024 01:26
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item
View Item