STRATEGI ANALISIS PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PERUSAHAAN IDUL ADIL PRATAMA DI KABUPATEN JENEPONTO

Nur, Alvi Sahrini (2024) STRATEGI ANALISIS PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PERUSAHAAN IDUL ADIL PRATAMA DI KABUPATEN JENEPONTO. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 07. KATA PENGANTAR.pdf] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 09. ABSTRACT.pdf] Text
09. ABSTRACT.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of 17. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
17. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (689kB)

Abstract

Analisis pemasok berperan krusial dalam efesiensi operasional
perusahaan yang dimana dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya
saing perusahaan. Hal ini memungkinkan perubahan pada permintaan pasar, oleh
karena itu perusahaan bisa beradaptasi dengan cepat terhadap dinamika
persaingan yang ketat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk
mengetahui strategi analisis pemasok yang tepat agar pembudidaya rumput laut
mengetahui tentang perusahaan sekaligus meningkatkan daya saing dengan
pelaku usaha yang sejenis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskripsif kualitatif untuk mendeskripsikan analisis pemasok untuk
meningkatkan daya saing perusahaan, analisis SWOT, strategi faktor internal
(IFAS), strategi faktor eksternal (EFAS) dan business model canvas. Adapun hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perusahaan Idul Adil Pratama dalam
menjalankan unit bisnisnya belum menentukan strategi yang akan dijalankan
untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dan berdasarkan
kuadran supply positioning model Perusahaan Idul Adil Pratama masuk ke dalam
kategori leverage (Pengungkit). Menentukan strategi daya saing yang tepat dan
analisis SWOT serta business model canvas sebagai output dalam penelitian ini
memberikan solusi yang dimana analisis SWOT dapat digunakan untuk
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian
dibuatkan strategi yang tepat kemudian business model canvas digunakan untuk
mengenali sembilan blok elemen untuk mencapai pelanggan dan memperluas
pangsa pasar sehingga strategi dan output yangg diusulkan sesuai dan tepat.

Kata Kunci: Analisis Pemasok, Daya Saing, Analisis SWOT, BMC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik > 2024
Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:00
Last Modified: 30 Aug 2024 02:00
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item
View Item