Rika, Triani R. (2024) PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM SUSHI BIZKID MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 07. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. KATA PENGANTAR.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 09. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. ABSTRACT.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
![[thumbnail of 17. BAB IV PEMBAHASAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
![[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (5MB)
Abstract
Industri kuliner Indonesia mempunyai potensi yang besar dalam menunjang
pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya UMKM baru yang
memiliki strategi menarik dalam menjalankan usahanya. Hal ini menuntut para
UMKM harus mampu bersaing untuk dapat bertahan dan tetap eksis pada
industrinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan melakukan
pengembangan produk yaitu dengan pemanfaatan melalui kemasan. Kemasan
dapat memberikan daya tarik terhadap konsumen agar mampu membeli produk
tersebut dengan hanya melihat dari kemasannya. Kemasan yang menarik juga
akan menggambarkan identitas merek pada suatu bisnis sehingga dapat juga
dijadikan sebagai media promosi. Sushi Bizkid merupakan salah satu UMKM yang
bergerak di bidang kuliner makanan jepang yang populer dikalangan masyarakat
menengah ke bawah. Sushi Bizkid telah memperluas pasarnya dengan membuka
cabang sehingga Sushi Bizkid dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen.
Salah satu kelemahan dari Sushi Bizkid yaitu kemasan yang digunakan sangat
polos dan menggunakan mika berbahan plastik yang tidak disarankan dan
berdampak buruk pada kesehatan apabila terkontaminasi secara langsung
dengan makanan tersebut. Melalui penelitian ini, melakukan pengembangan
kemasan dengan melalui beberapa tahapan pengembangan produk yang
didalamnya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan
kemasan sehingga dapat memberikan peningkatan terhadap kepuasan
konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu membuat kemasan produk untuk
meningkatkan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan yaitu deskriptif
kualitatif dengan metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan produk
melalui kemasan sangat penting untuk dilakukan. Kemasan yang awalnya hanya
menggunakan mika plastik kemudian berubah menjadi kemasan yang lebih bagus.
Kemasan sebelumnya tidak memperoleh kepuasan terhadap konsumen sehingga
pengembangan dilakukan melalui beberapa tahapan kemudian menghasilkan
kemasan yang menarik baik dari segi warna, gambar, tulisan dan lain-lain. Dari
hasil kemasan tersebut memperoleh peningkatan terhadap kepuasan konsumen
yaitu kinerja yang dapat memenuhi harapan konsumen terhadap informasi produk,
keistimewaan pada kemasan yang mampu memberikan keunikan dari segi
tampilan dan visualisasi, keandalan kemasan yang mampu menghindarkan dari
goncangan, kesesuaian ukuran pada kemasan, daya tahan kemasan yang kokoh,
kemampuan melayani kemasan terhadap saos produk yang tidak melengket pada
tutup kemasan, estetika kemasan yang mampu menampilkan perpaduan warna
dan elemen, dan kualitas kemasan yang meningkat.
Kata Kunci: Pengembangan Produk, Kemasan, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik > 2024 Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:32 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:32 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1877 |