PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Yosi Glodia Tangdiaga, Yosi (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 19. YOSI GLODIA TANDIAGO.docx] Text
19. YOSI GLODIA TANDIAGO.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh kualitas pelayanan (care and concern, spontaneity, problem solving dan service recovery) terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Biringkanaya; (2) mengetahui dimensi kualitas pelayanan (care and concern, spontaneity, problem solving dan service recovery) yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Biringkanaya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri atas empat dimensi terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Biringkanaya. Rancangan yang digunakan adalah Cross sectional untuk mengukur variabel independen dan variabel dependen dalam waktu yang bersamaan. Metode survei yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan secara langsung dan didukung dengan mewawancarai beberapa masyarakat. Kemudian data tersebut diolah menggunakan SPSS 25, dianalisis dan menarik kesimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan care and concern terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 2,900 > ttabel 1,98397; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan spontaneity terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 2,468 > ttabel 1,98397; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan problem solving terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 2,045 > ttabel 1,98397; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan service recovery terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 5,608 > ttabel 1,98397. Terdapat pengaruh positif Care and concern, Spontaneity, Problem solving dan Service recovery terhadap Kepuasan Masyarakat dengan Fhitung 24,631 > Ftabel 2,47. R-square bernilai 0,509 atau senilai 50,9% besaran nilai persentase kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan masyarakat di Kecamatan Biringkanaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:59
Last Modified: 13 Jan 2022 01:59
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item
View Item