ANALISIS FAKTOR KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KINERJA PEGAWAI PEMANDU LALU LINTAS UDARA DI PT. ANGKASA PURA I CABANG MAKASSAR ADVANCE AIR TRAFFIC SERVICE CENTRE (MATSC)

Retno, Jati Pramesti (2012) ANALISIS FAKTOR KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KINERJA PEGAWAI PEMANDU LALU LINTAS UDARA DI PT. ANGKASA PURA I CABANG MAKASSAR ADVANCE AIR TRAFFIC SERVICE CENTRE (MATSC). Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of halaman pengesahan,halaman persetujuan,surat pernyataan.pdf] Text
halaman pengesahan,halaman persetujuan,surat pernyataan.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah semakin meningkatnya pertumbuhan penerbangan yang terjadi khususnya di wilayah Asia Pasifik maka peran pemandu lalu lintas udara akan semakin sibuk sehingga perlu adanya penelitian tentang kinerja pemandu lalu lintas udara sehingga peneliti mengambil judul “Analisis Faktor Kemampuan Dan Motivasi KinerjaPegawai Pemandu Lalu Lintas Udara di PT. Angkasa Pura I cabang MATSC”. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kinerja pemandu lalu lintas udara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitataif, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati, berinteraksi dan memahami bahasa dan tafsiran tentang lingkungan sekitar. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung melalui wawancara, dalam pengambilan data penulis mengambil 6 informan yang terdiri dari Manager ATC, ATS Duty Manager, Group Leader, Training Specialist, Assisten Manager, Supervisor dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen–dokumen dan referensi yang dianggap relevan. Agar penelitian ini terfokus maka peneliti mengambil dua factor kinerja yaitu kemampuan yang terdiri dari pengetahuan, ketrampilan, sikap/perilaku dan motivasi yang terdiri dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik.
Hasil wawancara yang meliputi pengetahuan tentang procedure dan penerapannya, ketrampilan berbahasa inggris dan penggunaan alat radar juga sikap dan perilaku yang dimiliki pemandu lalu lintas udara sudah baik sedangkan hasil wawancara tentang motivasi yang meliputi prestasi, pengakuan, tanggung jawab, pengembangan karier dan kepuasan kerja itu sendiri, upah/gaji, kondisi kerja, kebijakan, hubungan kerjadan perilaku supervise yang dimiliki pemandu lalu lintas udara kurang baik sehingga belum menghasilkan pelayanan sesuai dengan standar kinerja operasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2012
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 05 Sep 2024 05:57
Last Modified: 05 Sep 2024 05:57
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item
View Item