ANALISA KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR

Riska (2012) ANALISA KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS RISKA NPM 2010.05.004.pdf] Text
TESIS RISKA NPM 2010.05.004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
Kepuasan Masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Wotu Kabupaten
Luwu Timur”. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang ada di
Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur.
Rancangan penelitian ini lebih memfokuskan pada Indeks Kepuasan
masyarakat untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat di Puskesmas wotu.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berkunjung di
Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Adapun sampel penelitian ditetapkan
dengan menurut Kepmenpan No 25/2004 yaitu 150 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap
kualitas pelayanan di Puskesmas Wotu Kab. Luwu Timur berada pada kategori
baik. Hal ini didapatkan dari hasil Prosedur Pelayanan dinilai baik yang berarti
pasien/masyarakat merasa mudah dengan prosedur yang ada. Persyaratan
pelayanan dinilai baik. Hal ini menunjukkan bahwa persyaratan pelayanan sesuai
dengan jenis pelayanannya. Kejelasan petugas pelayanan dinilai baik. Hal ini
berarti petugas cukup disiplin dalam memberikan pelayanan. Kedisiplinan petugas
pelayanan dinilai baik, yang menunjukkan bahwa dalam menjalankan tugasnya
petugas cukup disiplin. Tanggung jawab petugas pelayanan dinilai baik berarti
petugas cukup bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan. Kecepatan
pelayanan dinilai baik, yang berarti masyarakat/pasien puas atas kecepatan
pelayanan petugas. Keadilan mendapatkan pelayanan dinilai baik berarti petugas
pelayanan dalam memberikan pelayanannya cukup adil kepada masyarakat
sehingga pasien merasakan pelayanan yang sama dengan pasien yang lainnya.
Kesopanan dan keramahan petugas dinilai baik. Hal ini berarti petugas cukup
ramah dan sopan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga
masyarakat merasa dihargai oleh petugas. Kewajaran biaya pelayanan dinilai baik
yang berarti masyarakat/pasien merasa puas atas kewajaran biaya pelayanan.
Kepastian biaya pelayanan dinilai baik berarti masyarakat/pasien cukup puas
dengan kepastian biaya pelayanan yang ada di puskesmas Wotu. Kepastian jadwal
pelayanan dinilai baik. Hal ini menunjukkan bahwa petugas pelayanan sudah
mematuhi jadwal pelayanan yang ada di puskesmas Wotu. Kemampuan petugas
dinilai baik. Hal ini dapat diartikan petugas pelayanan benar-benar memiliki
kemampuan yang baik sesuai tugasnya di puskesmas. Kenyamanan lingkungan
dinilai baik, yang menunjukkan bahwa masyarakat merasa nyaman ketika datang
berobat ke puskesmas Wotu. Keamanan pelayanan dinilai baik yang berarti bahwa
keamanan sarana dan prasarana di puskesmas Wotu sudah baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2012
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:05
Last Modified: 05 Sep 2024 06:05
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item
View Item