Nadya Aprilyana, Yusuf (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN BAKUNG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR. Politeknik Stia LAN Makassar.
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (98kB)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (135kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (164kB)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (133kB)
06. SURAT KETERANGAN BUKTI PRESENTASI.pdf
Download (179kB)
07. KATA PENGANTAR.pdf
Download (92kB)
08. INTISARI.pdf
Download (126kB)
09. ABSTRACT.pdf
Download (209kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (132kB)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Download (71kB)
12. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (103kB)
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (74kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (185kB)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (277kB)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
17. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
18. BAB V OUTPUT PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (137kB)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Standar pelayanan didefinisikan sebagai tolak ukur yang digunakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai pedoman dan acuan untuk menilai kualitas layanan dan tingkat kepuasan masyarakat. Penyelenggara menjadikan nilai tersebut sebagai landasan untuk memperbaiki kualitas pelayanan, seperti menjadikannya lebih cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Pada Kantor Kelurahan Bakung terdapat 24 jenis pelayanan dan terdapat beberapa pelayanan belum ada yang memiliki standar pelayanan. Akibatnya, terdapat masalah yang terjadi yaitu masyarakat tidak mengetahui beberapa persyaratan yang harus dilengkapi sehingga masyarakat harus bolak-balik kantor kelurahan karena harus terlebih dahulu mengurus surat pengantar dan mengurus pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan. Jika masyarakat terpaksa bolak-balik ke kantor kelurahan, maka akan mengalami kerugian waktu yang terbuang dan pengurusan yang dibutuhkan masyarakat dengan tujuan tertentu sering kali tertunda. Oleh karena itu, dengan adanya standar pelayanan maka setiap proses pelayanan seperti persyaratan, prosedur, dan waktu pelayanan menjadi lebih jelas dan terarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan beberapa jenis data yaitu, data primer, data sekunder, dan Focus Group Discussion (FGD). Dalam penyusunan standar pelayanan ini menggunakan metode wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan telaah dokumen. Hasil dari penelitian ini mencakup 3 standar pelayanan, yaitu pelayanan Surat Keterangan Izin Usaha, Surat Keterangan Domisili, dan Surat Keterangan Tidak Mampu.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kelurahan Bakung
| Item Type: | Other |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur > 2024 Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur |
| Depositing User: | Teknologi Informasi |
| Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:16 |
| Last Modified: | 23 Sep 2024 02:16 |
| URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/2158 |

