PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR LEMBANG TAMPAN BONGA KECAMATAN BANGKELEKILA’ KABUPATEN TORAJA UTARA

Tanga, Defigo Putra Arung (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR LEMBANG TAMPAN BONGA KECAMATAN BANGKELEKILA’ KABUPATEN TORAJA UTARA. Perpustakaan Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 07. KATA PENGANTAR.pdf] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 09. ABSTRACT.pdf] Text
09. ABSTRACT.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR TABEL.pdf] Text
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 18. BAB V OUTPUT PENELITIAN.pdf] Text
18. BAB V OUTPUT PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pada masa saat ini, tuntutan masyarakat akan peningkatan kualitas pelayanan yang efektif, efisien dan transparan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah agar dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan keseriusan pemerintah selaku penyedia pelayanan. Pelayanan publik dapat dijadikan suatu tolak ukur untuk melihat keseriusan pemerintah dalam menjalankan tugas dan tangggung jawabnya sebagai praktek dari clean and good governance. Upaya pemerintah dalam perbaikan pelayanan publik terus dilakukan agar dapat mengatasi permasalahan publik, salah satu bentuk upaya perbaikan tersebut adalah dengan mengeluarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang menjadi acuan dan dasar hukum penyelenggaraan dari struktural desa/kelurahan hingga kementerian. Hal ini didukung Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa setiap jenis pelayanan publik yang ada di Indonesia wajib memiliki dan menerapkan standar pelayananan untuk semua jenis pelayanan yang ada.
Namun salah satu penyedia pelayanan yang ada belum menerapkan Standar Pelayanan pada proses pemberian pelayanan, maka berdasarkan hal tersebut peneliti mengambil Penelitian Penyusunan Standar Pelayanan pada Kantor Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara untuk meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun Standar Pelayanan terkait Surat Pengantar Izin Keramaian, Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Tidak Mampu, dan Surat Pengantar Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pada Kantor Lembang Tampan Bonga Kecamatan Bangkelekila’ Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dimana dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara langsung, studi dokumentasi, dan focus group discussion. Dengan proses metode kualitatif akan memudahkan pengambilan data dengan mengambil informasi lebih dalam. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dokumen standar pelayanan yang telah ditetapkan Lembang Tampan Bonga yang menjadi acuan atau tolak ukur Lembang Tampan Bonga dalam memberikan dan menyelenggarakan pelayanan bagi masyarakat.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Good Governance, Lembang, Hasil.

Item Type: Other
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2024
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 21 Oct 2024 00:34
Last Modified: 21 Oct 2024 00:34
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item
View Item