PEMBAHARUAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA BAGIAN PELAYANAN PELANGGAN DAN ADMINISTRASI DI PT. PLN (PERSERO) ULP KAREBOSI WILAYAH KOTA MAKASSAR UTARA

Zikra, Aura Maipa (2023) PEMBAHARUAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA BAGIAN PELAYANAN PELANGGAN DAN ADMINISTRASI DI PT. PLN (PERSERO) ULP KAREBOSI WILAYAH KOTA MAKASSAR UTARA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 7. ABSTRACT.pdf] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (788kB)

Abstract

SOP yang diterapkan pada saat ini di bagian Pelayanan Pelanggan
dan Administrasi adalah SOP yang dikeluarkan pada tahun 2016. Terdapat
perbedaan SOP yang ada dengan apa yang terjadi di lapangan dan telah
dikonfirmasi kepada supervisor dan salah satu pegawai di bagian tersebut.
Untuk itu, penulis tertarik melakukan penelitian terkait pembaharuan SOP
pada bagian Pelayanan Pelanggan dan Administrasi di PT. PLN (Persero)
ULP Karebosi agar kegiatan bisa berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan
pada penelitian ini adalah “menghasilkan pembaharuan SOP pada bagian
Pelayanan Pelanggan dan Administrasi agar tetap terperbaharui, sehingga
pegawai dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam memberikan
layanan.”
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan penelitian
deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini,
yaitu metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunkaan model Miles dan Huberman. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan teknik triagulasi, dimana penggunaan
teknik triagulasi dalam penelitian ini berupa penggabungan pengumpulan
data yang berbeda.
Hasil dari penelitian ini yaitu, berupa 5 dokumen Standar Operasional
Prosedur yang diperbaharui pada Bagian Pelayanan Pelanggan dan
Administrasi Pt. PLN (Persero) ULP Karebosi, seperti pembaharuan
Permintaan Pasang Baru Tegangan Rendah, Perubahan Daya Tegangan
Rendah, Penyambungan Sementara, Pemutusan Sementara, dan
Pemutusan Rampung, dengan menerapkan kebijakan terbaru terkait
sistem, dasar hukum, pembaharuan terhadap beberapa alur, kelengkapan
persyaratan, estimasi waktu yang diperlukan, serta flowchart.
Kata Kunci : Pelayanan Pelanggan, Administrasi, BUMN, SOP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2023
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:38
Last Modified: 07 Aug 2024 00:25
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item
View Item