Widyaksono, Widyaksono (2020) PERANAN PEMERINTAH KELURAHAN DALAM PENGAWASAN PERPARKIRAN TEPI JALAN UMUM WILAYAH PERTOKOAN KELURAHAN PENANIAN KECAMATAN RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
23. Widyaksono Tesis Lengkap.pdf
Download (1MB)
Abstract
Banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dengan kemampuan
dan pelayanan yang diberikan juru parkir menunjukkan masih rendahnya
kualitas sumber daya manusia dan manajemen pengelolaan juru parkir.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran
pemerintah kelurahan dalam melakukan pengawasan perparkiran tepi
jalan umum di Kawasan Pertokoan Kelurahan Penanian.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan
telaah dokumen. Sumber data primer diperoleh melalui kegiatan
wawancara kepada 8 orang informan. Teknik analisis data digunakan
mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi
data, sampai pada tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pemerintah
Kelurahan Penanian dalam melakukan pengawasan perparkiran tepi jalan
berdasarkan aspek penentuan target, belum berjalan dengan efektif
karena minimnya juru parkir yang ditempatkan dan rendahnya
pengawasan pemerintah terhadap kedisiplinan juru parkir dalam
menerapkan standar operasional prosedur yang ada. Pada aspek
pengukuran, belum berjalan efektif karena semenjak tiga tahun terakhir
target penerimaan retribusi parkir tidak pernah tercapai. Pihak Pemerintah
Kelurahan Penanian hanya melakukan observasi langsung saja dalam
mengawasi dan mengetahui kondisi perparkiran, namun tidak tersedia
layanan aduan secara online. Pada aspek melakukan tindakan sudah
cukup efektif karena pihak pemerintah Kelurahan Penanian senantiasas
melakukan koordinasi dengan masyarakat kemudian keluhan tersebut
akan disampaikan kepada pihak Dinas Perhubungan utuk mencari
solusinya. Dengan demikian, dapat disarankan bahwa pada aspek
menentukan standar pihak kelurahan berkoordinasi dengan pihak Dinas
Perhubungan agar menambah juru parkir yang ada, kemudian
meningkatkan pengawasannya terhadap kedisiplinan juru parkir dalam
penerapan standar operasional prosedur. Pada aspek pengukuran,
perlunya menyiapkan kotak aduan layanan atau sistem layanan online.
Pada aspek melakukan tindakan, perlu mempertahankan atau dapat lebih
meningkatkan lagi koordinasi terhadap seluruh elemen terkait seperti
pihak Dinas Perhubungan, pihak pedagang, dan pihaak masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:05 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:05 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/24 |