Vivin Novriyana Bhakti, Vivin (2021) EVALUASI DIMENSI KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA DI KANTOR KECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 25. TESIS VIVIN NOVRIYANA BHAKTI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
25. TESIS VIVIN NOVRIYANA BHAKTI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan kompetensi di Kantor Camat Turikale adalah
kurangnya pemahaman tupoksi yang hampir terjadi pada semua seksi
baik itu seksi Pemerintahan, Seksi Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat,
seksi pemberdayaan masyarakat, seksi Pelayanan Umum, dan seksi
Ketentraman dan ketertiban umum. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi ASN kecamatan Turikale
Kabupaten Maros.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh
melalui wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan pola pikir deduktif. Data yang menjadi rujukan adalah dari
hasil wawancara informan yang merupakan ASN di Kantor Kecamatan
Turikale Kabupaten Maros.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tidak semua pegawai
memiliki sikap berorientasi pada tindakan karena sebagian pegawai lebih
senang memberikan sumbangsi pemikiran daripada harus turun langsung
kelapangan. Dalam hal tindakan membantu dan melayani orang lain,
masyarakat berpendapat sudah lumayan membantu dan melayani
meskipun kadang kala terjadi keterlambatan pelayanan karena beberapa
faktor yang menjadi alasan pegawai. Kemampuan mempengaruhi dan
menciptakan dampak pada pegawai Kantor Kecamatan Turikale
Kabupaten Maros belum terlihat jelas karena faktor utama penggerak
pegawai dalam meningkatkan kinerja adalah dengan alasan pendapatan
dalam TPP. Masih terlihat sebagian pegawai belum memaksimalkan
kemampuan manajerial yang dimiliki karena masih bergantung pada apa
yang menjadi keputusan pimpinan. Ada beberapa pekerjaan yang tidak
sesuai dengan yang menjadi aturan organisasi disebabkan karena
pegawai tidak menggunakan kemampuan kognisinya dalam proses
pekerjaannya. Masih terdapat pegawai yang sulit memaksimalkan
efektivitas pribadi dalam bekerja, terlihat dengan terjadinya keterlambatan
pelayanan dengan alasan – alasan yang sebenarnya masih bisa
diantisipasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:07 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:07 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/26 |