PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN BANGKALA KOTA MAKASSAR

Andhiny, Ainun Alwi (2023) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN BANGKALA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 7. ABSTRACT.pdf] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Standar pelayanan adalah dokumen yang ditetapkan oleh pihak pemberi
pelayanan dengan tujuan menjadi acuan dalam melaksanakan tanggung
jawabnya sebagai penyelenggara pelayanan publik dan untuk masyarakat sebagai
informasi untuk mendapatkan pelayanan dalam memenuhi kepentingannya.
Standar pelayanan yang berlaku harus ditaati oleh pihak-pihak yang bersangkutan
karena berbagai permasalahan akan muncul ketika tidak adanya standar
pelayanan yang ditetapkan dan dipublikasikan oleh instansi-instansi yang
menyelenggarakan pelayanan publik khususnya pada bidang pemerintahan.
Kantor Kelurahan Bangkala Kota Makassar adalah salah satu penyelenggara
pelayanan publik yang belum menyusun dan menetapkan dokumen standar
pelayanan yang membuat terjadinya persoalan pelayanan yang dialami oleh pihak
pelaksana maupun pihak pengguna pelayanan. Untuk itu penelitian skripsi karya
ini bertujuan untuk melakukan penyusunan standar pelayanan guna meningkatkan
kualitas penyelenggaraan pelayanan publik Kantor Kelurahan Bangkala Kota
Makassar.
Metode penelitian ini kualitatif bersifat deskriptif dengan cara melakukan
wawancara bersama pihak penyelenggara dan pengguna pelayanan Kantor
Kelurahan Bangkala Kota Makassar serta melakukan pengamatan langsung ke
tempat penelitian. Hasil dari pengambilan data atau informasi selanjutnya
dihimpun dan dideskripsikan sebagai bahan penyusunan standar pelayanan yang
akan berlaku.
Hasil dari penelitian skripsi karya ini berupa dokumen standar pelayanan
dalam empat jenis pelayanan yang diteliti pada Kantor Kelurahan Bangkala Kota
Makassar, meliputi Surat Keterangan Usaha, Keterangan Tidak Mampu, Surat
Keterangan Domisili Sementara dan Surat Pengantar Nikah. Dokumen standar
pelayanan ini menjadi pedoman dan ketetapan bagi penyelenggara pelayanan
dalam memberikan pelayanan yang terbaik serta menjadi acuan baku untuk
masyarakat sebagai pengguna pelayanan untuk lebih mudah, cepat, terukur dan
terjangkau dalam menyelesaikan pemenuhan kebutuhannya.
Kata kunci : Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kantor Kelurahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2023
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:43
Last Modified: 07 Aug 2024 01:28
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item