PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN BATUA KOTA MAKASSAR

Shifa, Intan Sabrina (2023) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN BATUA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 6. SURAT KETERANGAN.pdf] Text
6. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of 9. KATA PENGANTAR.pdf] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penyusunan standar pelayanan merupakan salah satu upaya dalam
meningkatkan kualitas standar pelayanan pada suatu instansi penyelenggara
pelayanan publik. Hal ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Nomor 15 tahun
2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk
menyusun standar pelayanan pada Kantor Kelurahan Batua selaku instansi
pemerintahan yang belum memiliki standar pelayanan sebagai upaya dalam
meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data yang
diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, telaah dokumen dan juga Forum Group
Discussion. Penyusunan standar pelayanan dirancang dengan menggunakan
metode Focus Group Discussion (FGD) guna melibatkan masyarakat dan pihak
terkait dalam menyusun standar pelayanan yang akan diterapkan.
Hasil dari penelitian ini berupa infografis surat keterangan/ pengantar dan
juga dokumen standar pelayanan pada 5 jenis pelayanan yang kemudian akan
diserahkan dan digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan
di Kantor Kelurahan Batua. Infografis surat keterangan/ pengantar dibuat
sederhana dan menarik agar mudah dipahami oleh masyarakat.
Kata Kunci : Standar Pelayanan, Pelayanan Publik, Kelurahan Batua

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:49
Last Modified: 06 Aug 2024 06:46
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item
View Item