Nur, Hasmyati (2023) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS KAMPILI KABUPATEN GOWA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (98kB)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (273kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (268kB)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (245kB)
06. KATA PENGANTAR.pdf
Download (135kB)
08. ABSTRACT.pdf
Download (164kB)
09. DAFTAR ISI.pdf
Download (123kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (259kB)
15. BAB II TINJAUAN PUSATAKA.pdf
Download (180kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (175kB)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pelayanan publik di Indonesia sangat beragam, termasuk 135.017 jenis pelayanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi, jumlah pelayanan tersebut tidak diimbangi dengan mutu pelayanan yang prima. Pelayanan kesehatan Indonesia menjadi salah satu yang disorot karena menempati posisi ke-11 dari 11 negara. Hal ini menunjukkan bahwa mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih rendah. Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan penyelenggaraan pelayanan agar mutu pelayanan semakin baik. Upaya peningkatan mutu dapat dilakukan melalui survei kepuasan masyarakat. Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk perbaikan pelayanan. Survei kepuasan masyarakat dalam penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kampili Kabupaten Gowa. Ditemukan banyaknya keluhan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan dan sarana prasarana. Oleh karena itu, survei kepuasan masyarakat dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Kampili Kabupaten Gowa sehingga dapat dilakukan perbaikan agar pelayanan menjadi lebih baik dan bermutu. Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk memperoleh hasil yang valid karena penulis tidak dapat hanya mengandalkan hasil pengukuran data dari kuesioner. Keabsahan data juga memerlukan data tambahan dari wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 78,5 dengan kategori Baik. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh pihak di Puskesmas Kampili telah menerima seluruh pelayanan dengan baik. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Survei Kepuasan Masyarakat, Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Puskesmas, Puskesmas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 08:05 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/348 |