Nur, Hasmyati (2023) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS KAMPILI KABUPATEN GOWA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 06. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. KATA PENGANTAR.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 08. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. ABSTRACT.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 09. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. DAFTAR ISI.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSATAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB II TINJAUAN PUSATAKA.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pelayanan publik di Indonesia sangat beragam, termasuk 135.017 jenis pelayanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi, jumlah pelayanan tersebut tidak diimbangi dengan mutu pelayanan yang prima. Pelayanan kesehatan Indonesia menjadi salah satu yang disorot karena menempati posisi ke-11 dari 11 negara. Hal ini menunjukkan bahwa mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih rendah. Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan penyelenggaraan pelayanan agar mutu pelayanan semakin baik. Upaya peningkatan mutu dapat dilakukan melalui survei kepuasan masyarakat. Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk perbaikan pelayanan. Survei kepuasan masyarakat dalam penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kampili Kabupaten Gowa. Ditemukan banyaknya keluhan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan dan sarana prasarana. Oleh karena itu, survei kepuasan masyarakat dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Kampili Kabupaten Gowa sehingga dapat dilakukan perbaikan agar pelayanan menjadi lebih baik dan bermutu. Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk memperoleh hasil yang valid karena penulis tidak dapat hanya mengandalkan hasil pengukuran data dari kuesioner. Keabsahan data juga memerlukan data tambahan dari wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 78,5 dengan kategori Baik. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh pihak di Puskesmas Kampili telah menerima seluruh pelayanan dengan baik. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Survei Kepuasan Masyarakat, Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Puskesmas, Puskesmas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 08:05 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/348 |