SULTAN, SULTAN (2018) ANALISIS MUTU PELAYANAN RADIOLOGI PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK. II PELAMONIA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
1. SULTAN--TESIS.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah bagaimana
mutu pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II
Pelamonia Makassar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mutu
pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia
Makassar dinilai dari perspektif pasien.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung ke
radiologi untuk melakukan pemeriksaan pada saat penelitian berlangsung.
Adapun sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik
sampling aksidental, sehingga didapat sampel pada penelitian ini
berjumlah 150 orang. Teknik pengumpulan data terdiri atas kuisioner,
wawancara, observasi, telaah dokumen dan dokumentasi. Teknik
pengolahan dan analisis data menggunakan tabel frekuensi, persentase
dan skor rata-rata yang kemudian dideskripsikan dan disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan radiologi
pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia dilihat dari aspek akses
berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa Rumah sakit
Pelamonia sangat mudah dijangkau dari transportasi umum dan letak
pelayanan radiologi dekat dengan poliklinik dan Unit Gawat Darurat;
aspek pilihan dan pastisipasi berada pada kategori bermutu yang
menunjukkan bahwa setiap pasien diberi kesempatan untuk memilih jenis
pemeriksaan dan penejlasan mengenai informant consent; aspek
informasi berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa
petugas memperkenalkan diri sebelum pemeriksaan dan memberikan
penjelasan prosedur pemeriksaan; dan aspek kualitas berada pada
kategori bermutu yang menunjukkan bahwa petugas memberikan
pelayanan yang baik dan sopan dalam melakukan pemeriksaan;
sedangkan aspek mekanisme pengaduan konsumen berada pada
kategori bermutu yang menunjukkan bahwa petugas tanggap terhadap
keluhan dengan menyiapkan alur, kotak saran dan mekaniisme
pengaduan pasien. Secara keseluruhan pelayanan radiologi pasien rawat
jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia dapat memenuhi harapan pasien.
Oleh karena itu, sebaiknya mutu pelayanan radiologi pasien rawat jalan di
rumah sakit TK.II Pelamonia dipertahankan dan atau ditingkatkan
sehingga semakin banyak orang yang memilih untuk melakukan
pemeriksaan radiologi di rumah sakit TK.II Pelamonia Makassar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:21 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:21 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/42 |