Tarisa, Aditya (2023) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN KARUWISI UTARA KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. ABSTRACT.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 9. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. KATA PENGANTAR.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (402kB)
![[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (445kB)
![[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Standar pelayanan merupakan tolok ukur dalam memberikan pelayanan yang bermutu. Oleh karena itu, diperlukan adanya standar pelayanan di kantor kecamatan guna meningkatkan mutu pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun standar pelayanan di Kantor Kecamatan Karuwisi Utara yang belum memiliki standar pelayanan di beberapa layanan. Manfaatnya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan di kantor kecamatan. Karena tanpa adanya standar pelayanan tidak akan ada pedoman dalam penyaluran pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif dengan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, telaah dokumen, dan Focus Group Discussion (FGD). Wawancara dilakukan kepada pemberi dan penerima layanan. Setelah itu dilakukan observasi terhadap penyaluran pelayanan. Tahapan terpenting adalah FGD dengan jumlah peserta 19 orang yang terdiri dari masyarakat dan pegawai kecamatan. Setelah membahas perencanaan penyusunan standar pelayanan, maka muncul beberapa saran mengenai standar pelayanan yang akan disusun. Kemudian, berdasarkan saran dari FGD, disusunlah rencana standar pelayanan. Output dari penelitian ini adalah standar pelayanan untuk 5 jenis pelayanan di Kantor Kecamatan Karuwisi Utara. Standar tersebut terbagi menjadi dua, yaitu standar pertama dalam bentuk dokumen yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Kecamatan Karuwisi Utara. Standar kedua berupa infografis yang didesain semenarik mungkin untuk ditayangkan kepada masyarakat sebagai penerima layanan, sehingga memudahkan masyarakat mengetahui proses pembuatan layanan yang dibutuhkan di Kantor Kecamatan Karuwisi Utara. Kata Kunci: Penyusunan Standar Pelayanan, Pelayanan Publik, Kantor Kecamatan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:51 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/421 |