ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-el) PADA KANTOR KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Kaharuddin Bakti, Kahar (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-el) PADA KANTOR KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 2. -KAHARUDDIN BAKTI.pdf] Text
2. -KAHARUDDIN BAKTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “Bagaimana analisis
kualitas pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pada kantor Kecamatan
Tamalanrea Kota Makassar. Berdasarkan permasalahan yang dibahas, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis kualitas pelayanan kartu tanda penduduk
elektronik (KTP-el) pada kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.
Penelitihan ini berlokasi di kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar
dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan mmelakukan survei
yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai instrument
pengumpul data. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 110 orang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (KTP-el)
pada kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yakni aspek kehandalan dari unsur
ketepatan waktu dijanjikan dan unsur keakuratan elemen data KTP-el sudah cukup baik
atau telah memenuhi standar pelayanan, begitupula dengan aspek jaminan dari unsur
tanpa biaya, pelayanan transparan tanpa diskriminasi dan unsur prilaku petugas pelayanan
sudah cukup baik atau telah memenuhi standar pelayanan, adapun aspek buktinyata dari
unsur fasilitas kantor memadai dan unsur kondisi sarana prasarana penunjang sudah baik
tetapi bila ditinjau dari ruangan pelayanan perlu diperluas dan menambah satu alat lagi
alat perekam KTP-el, kemudian aspek empati dari unsur kecakapan petugas pelayanan
dan unsur tanggungjawab petugas pelayanan sudah baik namun bila ditinjau dari
kemudahan pelayanan masih perlu diperbaiki karna proses pembuatan, pencetakan dan
pengaktifan KTP-el tidak sepenuhnya dilakukan oleh kantor Kecamatan, demikian halnya
mengenai petugas pelayanan harus dibekali oleh berbagai pendidikan dan pelatihan
melalui diklat-diklat keterampilan sehingga memiliki kecerdasan dan kemampuan yang
mempuni dibidang kerja masing –masing, kemudian aspek dayatanggap dari unsur
komunikatif peraturan jelas dan unsur kesederhanaan prosedur pelayanan sudah baik atau
telah memenuhi standar pelayanan. Dimana dari kelima aspek kualitas pelayanan
tersebut apabila diterapkan secara terus menerus dengan komitmen yang tinggi dan
menjadikan pelayanan itu sebagai pola komsumsi yang nyata oleh pengguna layanan atau
masyarakat khususnya dilingkungan kantor Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Unnamed user with email eko.lansmd@gmail.com
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:22
Last Modified: 13 Jan 2022 04:22
URI: http://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item
View Item