PENYEDIAAN RUANGAN PELAYANAN BAGI LANSIA DAN IBU HAMIL (INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) PANAKKUKANG UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MAKASSAR SELATAN)

Nurfadilla, Candra (2022) PENYEDIAAN RUANGAN PELAYANAN BAGI LANSIA DAN IBU HAMIL (INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) PANAKKUKANG UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MAKASSAR SELATAN). Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. Sampul.pdf] Text
1. Sampul.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 2. Halaman Pengesahan.pdf] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 3. Halaman Persetujuan Tim Penguji.pdf] Text
3. Halaman Persetujuan Tim Penguji.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4. Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8. Abstract Bahasa Inggris.pdf] Text
8. Abstract Bahasa Inggris.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 9. Daftar Isi.pdf] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 13. BAB I Pendahuluan.pdf] Text
13. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 14. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf] Text
14. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 18. Daftar Pustaka.pdf] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 19. Lampiran dan Biodata.pdf] Text
19. Lampiran dan Biodata.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelanggan LANSIA dan Ibu Hamil untuk mendapatkan pelayanan harus
mengantri seperti pelanggan umum lainnya, padahal LANSIA dan Ibu Hamil
masuk ke dalam kategori kelompok rentan yang dimana membutuhkan fasilitas
khusus untuk mendapatkan pelayanan. Tujuan yang akan dicapai dalam
penelitian ini adalah upaya untuk menyediakan ruangan pelayanan bagi LANSIA
dan Ibu Hamil pada PT PLN (Persero) ULP Panakkukang UP3 Makassar
Selatan.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif, analisis data dengan reduksi data dan penyajian data.
Jenis data dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data
sekunder. Validasi data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik
triangulasi metode dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruangan pelayanan bagi pelanggan
LANSIA dan Ibu Hamil merupakan suatu pendekatan baru dalam memberikan
pelayanan. Setelah dilakukan uji coba penggunaan ruangan pelayanan bagi
LANSIA dan Ibu Hamil, hasilnya ruangan pelayanan ini sangat efektif dan
bermanfaat bagi publik serta ruangan ini memang sangat diperlukan oleh
pelanggan LANSIA dan Ibu Hamil. Inovasi ini dapat ditransfer atau menjadi
contoh bagi organisasi lain dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dan
inovasi ini dapat berkelanjutan serta dipertahankan. Suatu inovasi pada PT PLN
(Persero) ULP Panakkukang, jika ingin dipermanenkan harus dengan
persetujuan Unit Area, Wilayah dan Pusat serta tentunya sesuai dengan
ketentuan yang berlaku pada PT PLN (Persero).
Kata kunci : LANSIA, Ibu Hamil, Ruangan Pelayanan, PT PLN (Persero) ULP
Panakkukang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2022
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:15
Last Modified: 08 Aug 2024 02:15
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item
View Item