PENINGKATAN MUTU PELAYANAN MELALUI PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Nurfadhilah, Achmad (2022) PENINGKATAN MUTU PELAYANAN MELALUI PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS TAMALANREA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. Halaman Sampul.pdf] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. Halaman Pengesahan.pdf] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 3. Halaman Persetujuan Penguji.pdf] Text
3. Halaman Persetujuan Penguji.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pernyataan Keaslian.pdf] Text
4. Halaman Pernyataan Keaslian.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8. Abstract.pdf] Text
8. Abstract.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 9. Daftar Isi.pdf] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 12. BAB I Pendahuluan.pdf] Text
12. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 13. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf] Text
13. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 17. Daftar Pustaka.pdf] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 18. Lampiran dan Biodata Peneliti.pdf] Text
18. Lampiran dan Biodata Peneliti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen pada Puskesmas Tamalanrea dinilai belum mampu melaksanakan fungsinya dengan baik disebabkan oleh banyaknya keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan sehingga dapat dipastikan bahwa mutu pelayanan pada Puskesmas Tamalanrea belum berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat atau pengguna layanan. Keluhan masyarakat dapat dilihat dari lambatnya proses pelayanan dan tidak adanya kejelasan dalam proses pelayanan yang berdampak pada penurunan jumlah pengunjung pada tahun 2018. Permasalahan tersebut terjadi atas dasar belum adanya pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan dalam bentuk standar pelayanan yang ditetapkan oleh Puskesmas Tamalanrea. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan melalui penyusunan standar pelayanan pada Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Metode penelitian yang dikenakan yaitu pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi lapangan dan telaah dokumen. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Puskesmas Tamalanrea, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Petugas Loket Pendaftaran, Petugas Kamar Obat, Petugas Poli Umum, Petugas KIA/KB, Petugas Laboratorium dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan ditetapkannya standar pelayanan pada Puskesmas Tamalanrea, penyelenggara pelayanan menghasilkan pelayanan yang berkualitas, mudah, cepat, terjangkau dan terukur.

Kata Kunci : Standar Pelayanan, Mutu Pelayanan dan Puskesmas Tamalanrea

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2022
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:36
Last Modified: 08 Aug 2024 02:36
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item
View Item