PEMBAHARUAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA BAGIAN OPERASI DAN PELAYANAN KANTOR PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI) CABANG KOTA MAKASSAR

Salman, Parizi (2022) PEMBAHARUAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA BAGIAN OPERASI DAN PELAYANAN KANTOR PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI) CABANG KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 12. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of 15. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf] Text
18. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf

Download (359kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang luas sehingga pemerintah
mengeluarkan peraturan dan kebijakan yang harus diikuti oleh masyarakat,
organisasi pemerintah, maupun swasta. Salah satunya PT. Pelayaran Nasional
Indonesia (Pelni), sehingga untuk memaksimalkan kembali kinerja perusahaan
diperlukan pembaharuan Standar Operasional Prosedur khususnya di Bagian
Operasi dan Pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah pembaharuan standar
operasional prosedur, agar sesuai dengan peraturan dan kebijakan dari
pemerintah, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif
dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif
adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta
atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi
atau daerah tertentu. Dengan sumber data primer dan sekunder. Adapun metode
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan
narasumber yang dapat menjelaskan rumusan masalah dan tujuan penelitian
dan observasi yang terkait dengan bagian pelayanan tiket, travel dan
pengecekan bersama untuk mengembangkan SOP. Wawancara dilakukan
dengan Kepala Bagian, dua staf di Bagian Operasi dan Pelayanan, dan tiga
masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan tersebut. Observasi Peneliti
melakukan observasi atau pengamatan langsung ke PT. Pelayaran Nasional
Indonesia (Pelni). Kegiatan observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan
melihat bagaimana proses pelayanan, kualitas pelayanan dan waktu pelayanan.
Adapun telaah dokumen yang digunakan seperti dokumen Peraturan Perman
Pan RB No. 35 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri BUMN Nomor 18 Tahun
2012, serta dokumen SOP yang terdahulu. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa
pembaharuan Standar Operasional Prosedur Proses Pemesanan Tiket Melalui
Loket Cabang, Prosedur pemesanan Tiket melalui Agen Travel, dan Prosedur
Pemeriksaan Tiket Bersama.
Keyword: Pandemi Covid, Pembaharuan Standar Pelayanan Prosedur
(SOP), Bagian Operasi dan Pelayanan, Pedoman Penyusunan Standar
Pelayanan Prosedur (SOP) Kementerian BUMN

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2022
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:32
Last Modified: 08 Aug 2024 07:32
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item
View Item