Andi, Dalaiya Sompa Ritimo (2023) PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN MANGGALA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (94kB)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (108kB)
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (104kB)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (127kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (116kB)
8. ABSTRACT.pdf
Download (75kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (63kB)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (166kB)
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (554kB)
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
19. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan publik sebagai layanan yang berbentuk jasa maupun barang
yang menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh pemerintah guna memenuhi
kebutuhan masyarakat kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka
melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan. Apabila pelayanan
publik yang diberikan kepada masyarakat efektif dan efisien maka masyarakat
merasakan kualitas pelayanan yang baik dari penyelenggara pelayan publik
sehingga, untuk dibutuhkannya Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai
pedoman yang dapat mempermudah penyelenggara pelayanan dalam
memberikan pelayan terkhususnya organisasi pemerintahan. Adanya Standar
Operasional Prosedur, penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat
berjalan dengan pasti.
Pada penelitian bertujuan penyusunan Standar Operasional Prosedur
pelayanan pada Kantor Kelurahan Manggala dalam meningkatkan kualitas
layanan. Metode yang digunakan dalam penyusunan Standar Operasional
Prosedur yaitu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan telaah dokumen.
Penelitian ini menghasilkan karya yaitu Standar Operasional Prosedur,
terdapat lima prosedur yang disusunkan SOP diantaranya, keterangan kematian,
keterangan domisili sementara, keterangan tidak mampu, pengantar nikah dan
keterangan usaha. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam penyusunan
SOP yaitu melakukan penilaian kebutuhan dengan menentukan prosedur
pelayanan yang akan dibuatkan, kemudian tahapan pembuatan SOP dengan
mengumpulkan informasi yang terkait lalu dibuat sesuai dengan pedoman, terakhir
review dan sosialisasi dengan pelaksana pemberi pelayan terkait dengan SOP
yang telah dibuat.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Layanan, Standar Operasional Prosedur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2023 Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:43 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:43 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/553 |