Muhammad, Fikri Haikal (2021) AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN e-KTP DI KANTOR KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (192kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (234kB)
4. HALAMAN PERSETUJUAN .pdf
Download (255kB)
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (240kB)
6. KATA PENGANTAR .pdf
Download (267kB)
8. ABSTRACT.pdf
Download (257kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (189kB)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (190kB)
14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf
Download (279kB)
15. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (737kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (138kB)
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (657kB)
Abstract
Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar merupakan sebuah unit
perpanjangan tangan dari pemerintah untuk melaksanakan fungsi
pelayanan kepada masyarakat. Salah satu fungsi pelayanan di Kantor
Kecamatan Tallo Kota Makassar yang saat ini menjadi proublem adalah
permasalahan pelayanan E-KTP yang seringkali mengalami
keterlambatan proses penyelesaian. Oleh karena itu penulis berniat untuk
melakukan sebuah proses penelitian di Kantor Kecamatan Tallo Kota
Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa
implementasi prinsip Akuntabilitas dan Transparansi di dalam proses
pelayanan E-KTP di Instansi Kecamatan Tallo Kota Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
sehingga seluruh penyajian data yang dipaparkan akan disajikan dalam
bentuk deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam proses penelitian ini adalah teknik pengumpulan data berbasis
wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik pengelolaan dan analisis
data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi Akuntabilitas
dilihat dari aspek akurasi dan kelengkapan informasi telah berjalan
dengan baik dan sesuai dengan yang dijanjikan; dari aspek Sistem
Informasi Manajemen dan Monitoring Hasil telah berjalan dengan optimal
baik dari segi kualitas pelayanan dan kualitas sumber daya manusia; dari
aspek akses publik dalam mengakses informasi dan mekanisme
pengaduan masyarakat perlu dioptimalkan. Sedangkan dari segi
Transparansi, Penyediaan Informasi Yang Jelas Tentang Prosedur�Prosedur, Biaya dan Tanggung Jawab sudah berjalan dengan baik, dari
aspek Kemudahan Akses Informasi telah berjalan dengan baik, dan dari
aspek Penyusun mekanisme pengaduan jika ada peraturan yang
dilanggar atau permintaan untuk membayar uang suap masih belum
berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Akuntabilitas dan Transparansi, Pelayanan E-KTP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2021 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:12 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/567 |