AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN e-KTP DI KANTOR KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

Muhammad, Fikri Haikal (2021) AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN e-KTP DI KANTOR KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN .pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN .pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR .pdf] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 15. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of 16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (657kB)

Abstract

Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar merupakan sebuah unit
perpanjangan tangan dari pemerintah untuk melaksanakan fungsi
pelayanan kepada masyarakat. Salah satu fungsi pelayanan di Kantor
Kecamatan Tallo Kota Makassar yang saat ini menjadi proublem adalah
permasalahan pelayanan E-KTP yang seringkali mengalami
keterlambatan proses penyelesaian. Oleh karena itu penulis berniat untuk
melakukan sebuah proses penelitian di Kantor Kecamatan Tallo Kota
Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa
implementasi prinsip Akuntabilitas dan Transparansi di dalam proses
pelayanan E-KTP di Instansi Kecamatan Tallo Kota Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
sehingga seluruh penyajian data yang dipaparkan akan disajikan dalam
bentuk deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam proses penelitian ini adalah teknik pengumpulan data berbasis
wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik pengelolaan dan analisis
data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi Akuntabilitas
dilihat dari aspek akurasi dan kelengkapan informasi telah berjalan
dengan baik dan sesuai dengan yang dijanjikan; dari aspek Sistem
Informasi Manajemen dan Monitoring Hasil telah berjalan dengan optimal
baik dari segi kualitas pelayanan dan kualitas sumber daya manusia; dari
aspek akses publik dalam mengakses informasi dan mekanisme
pengaduan masyarakat perlu dioptimalkan. Sedangkan dari segi
Transparansi, Penyediaan Informasi Yang Jelas Tentang Prosedur�Prosedur, Biaya dan Tanggung Jawab sudah berjalan dengan baik, dari
aspek Kemudahan Akses Informasi telah berjalan dengan baik, dan dari
aspek Penyusun mekanisme pengaduan jika ada peraturan yang
dilanggar atau permintaan untuk membayar uang suap masih belum
berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Akuntabilitas dan Transparansi, Pelayanan E-KTP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2021
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:12
Last Modified: 09 Aug 2024 07:12
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item
View Item