PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS LASEPANG KABUPATEN BANTAENG

Ummu, Kalsum Putri Karyanto (2023) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS LASEPANG KABUPATEN BANTAENG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 9. KATA PENGANTAR.pdf] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 15. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 16. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
16. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of 18. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
18. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of 20. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 21. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
21. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu tugas pokok pemerintah dalam
memenuhi kebutuhan masyarakat. Pelayanan publik dapat kita jumpai di
berbagai bidang salah satunya ialah pada bidang kesehatan. Bidang kesehatan
merupakan salah satu sektor penting dalam kehidupan karena berkaitan dengan
kebutuhan hidup semua orang. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Lasepang
Kabupaten Bantaeng dimana pada penelitian yang dilakukan ditemukan fakta
bahwa Puskesmas Lasepang Kabupaten Bantaeng belum memiliki standar
pelayanan dengan komponen yang lengkap dan terstruktur. Hal tersebut jelas
bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan
Publik bahwa penyelenggara pelayanan memiliki kewajiban untuk menyusun,
menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan. Berdasarkan permasalahan
tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menyusun Standar Pelayanan Pada
Puskesmas Lasepang Kabupaten Bantaeng. Penyusunan Standar Pelayanan
pada Puskesmas Lasepang berfokus pada lima pelayanan yaitu Pelayanan
Pendaftaran dan Rekam Medis, Pelayanan Poli Umum, Pelayanan KIA/KB,
Pelayanan Unit Gawat Darurat, dan Pelayanan Rawat Inap.
Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan
menggunakan Analisa kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, telaah dokumen, dan focus group
discussion. Pada penelitian ini penyusunan standar pelayanan pada Puskesmas
Lasepang memuat komponen penyampaian pelayanan (service delivery) dan
komponen pengelolaan pelayanan (manufacturing) untuk melengkapi dokumen
standar pelayanan yang belum ada di Puskesmas Lasepang Kabupaten
Bantaeng.
Adapun yang menjadi output dalam penelitian ini yaitu dokumen standar
pelayanan yang telah ditetapkan oleh Kepala Puskesmas dan akan digunakan
oleh Puskesmas Lasepang Kabupaten Bantaeng dalam menyelenggarakan
pelayanan publik dan sebagai acuan bagi penerima layanan.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Output

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:06
Last Modified: 12 Aug 2024 01:06
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item