SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JONGAYA KOTA MAKASSAR

Jusmawati, Yahya (2023) SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JONGAYA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 11. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of 14. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
17. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (20MB)

Abstract

Bidang kesehatan merupakan salah satu bagian dari pembangunan
nasional, dimana dalam hal ini pemerintah memiliki peran yang sangat penting
sebagai pelayan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan
masyarakatnya. Untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan yang
diselenggarakan maka perlu dilakukan Survei Kepuasan Masyarakat sesuai
dengan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017
tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit
Penyelenggara Pelayanan Publik. Pada penelitian ini dilakukan Survei Kepuasan
Masyarakat di Puskesmas Jongaya, dimana beberapa masalah yang terjadi di
Puskesmas Jongaya ialah Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional
Prosedur (SOP) yang belum lengkap karena terakhir diperbaharui tahun 2018.
Dan masalah yang paling krusial adalah Survei Kepuasan Masyarakat yang
dilakukan terakhir di tahun 2020, sehingga berdasarkan hal tersebut maka
dilakukanlah Survei Kepuasan Masyarakat untuk mengetahui seperti apa
persepsi masyarakat tentang pelayanan yang ada di Puskesmas Jongaya.
Dalam penelitian ini menggunakan mix methods, dimana mixed methods ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif agar data yang didapatkan
lebih rinci dan akurat. Penggunaan mix methods ini bertujuan sebagai sarana
untuk melengkapi antar metode. Data kuantitatif digunakan untuk Survei
Kepuasan Masyarakat (SKM) dan data kualitatif digunakan untuk menjelaskan
seperti apa pelayanan di lokus penelitian melalui observasi, wawancara, serta
telaah dokumen.
Berdasarkan perhitungan nilai unsur yang ada, unsur pelayanan dengan
nilai tertinggi yaitu unsur biaya/ tarif dengan nilai 3,64. Unsur pelayanan dengan
nilai terendah yaitu unsur sarana dan prasarana dengan nilai 2,77. Adapun hasil
dari Survei Kepuasan Masyarakat yang telah dilksanakan maka Puskesmas
Jongaya Kota Makassar memperoleh nilai 78,5 yang dimana jika dilihat nilai
tersebut mendapatkan predikat mutu pelayanan yang Baik (B).
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Survei Kepuasan Masyarakat, Indeks
Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:09
Last Modified: 12 Aug 2024 01:09
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item
View Item