SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM PROVINSI SULAWESI SELATAN

Archiebal, William Atihuta (2023) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM PROVINSI SULAWESI SELATAN. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL.pdf] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 12. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of 15. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk
memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Sebagai pengguna
layanan, masyarakat juga ikut andil dalam peningkatan kualitas pelayanan yang
ada. Bentuk partisipasi masyarakat dapat berupa kepuasan maupun
ketidakpuasan terhadap pelayanan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh
Perpustakaan Umum Provinsi Sulawesi Selatan selaku instansi pelayanan publik
di bidang pendidikan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mixed Methods yang
didalamnya menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan kualitatif dan
pendekatan kuantitatif guna memperoleh hasil logis dan akurat. Dalam
mendapatkan data survei, penulis melakukan penyebaran kuesioner baik secara
fisik atau langsung maupun secara oleh melalui e-survei. Kuesioner tersebut diisi
oleh 382 responden yang didapatkan dari hasil perhitungan sampel yang
menggunakan rumus Krejcie dan Morgan dari populasi pengunjung perpustakaan
bulan September 2022 – Februari 2023.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan Perpustakaan Umum Provinsi Sulawesi Selatan adalah 77
atau tergolong ke dalam kategori B atau Baik. Rincinya, terdapat tiga unsur
pelayanan yang kualitasnya perlu diperbaiki, terdapat lima unsur pelayanan yang
kualitasnya perlu ditingkatkan lagi dan satu unsur pelayanan yang harus
dipertahankan kualitasnya.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Layanan Perpustakaan, Kepuasan
Masyarakat, Survei Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:51
Last Modified: 12 Aug 2024 01:51
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item