PERANCANGAN STANDAR PELAYANAN DI KELURAHAN TOMPO BALANG KOTA MAKASSAR

Khaerani, Nur Mansur (2022) PERANCANGAN STANDAR PELAYANAN DI KELURAHAN TOMPO BALANG KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 9. ABSTRACT.pdf] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Standar pelayanan merupakan pedoman yang digunakan oleh
pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan untuk memberikan pelayanan
yang berkualitas kepada penerima layanan. Berdasarkan hal tersebut, maka
penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan standar pelayanan di
Kantor Kelurahan Tompo Balang Kota Makassar selaku instansi pemerintah yang
belum memiliki standar pelayanan. Perancangan dilakukan dengan melakukan
identifikasi tiap komponen pada semua jenis layanan yang akan dibuatkan
standar pelayanan. Identifikasi komponen dilakukan hanya terkait komponen
penyampaian layanan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif untuk dapat menjelaskan secara lebih jelas mengenai proses
penyusunan standar pelayanan. Hal ini dibantu dengan menggunakan metode
Focus Group Discussion sebagai metode yang digunakan untuk proses diskusi
bersama masyarakat membahas rancangan standar pelayanan yang telah
disusun. Sebagai bentuk keikutsertaan masyarakat dalam proses penyusunan
agar standar pelayanan yang ditetapkan sesuai dengan kondisi keadaan dan
lingkungan Kelurahan Tompo Balang.
Hasil penelitian adalah dokumen standar pelayanan terdiri dari jenis
pelayanan pembuatan surat keterangan domisili, pembuatan surat keterangan
tidak mampu, pembuatan surat keterangan usaha, pembuatan surat pengantar
nikah, dan pelayanan retribusi sampah. Setelah penetapan standar pelayanan,
kemudian dibuatkan maklumat pelayanan sebagai perjanjian tertulis instansi
untuk pelaksanaan dan penerapan standar pelayanan. Standar pelayanan yang
telah dibuat dan ditetapkan akan diberikan dan diterapkan pada Kelurahan
Tompo Balang sebagai pedoman pemberian pelayan sesuai dengan Undang�Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Pelayanan Publik.
Kata kunci: Standar Pelayanan, Kelurahan, Diskusi Grup Terarah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2022
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:15
Last Modified: 12 Aug 2024 02:15
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item
View Item