PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KELURAHAN MACCINI GUSUNG

Andi, Nurul Sri Utami Patiwi (2022) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KELURAHAN MACCINI GUSUNG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. Halaman Sampul.pdf] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 3. Halaman Pengesahan.pdf] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4. Halaman Persetujuan.pdf] Text
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5. Surat Pernyataan.pdf] Text
5. Surat Pernyataan.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 7. Kata Pengantar.pdf] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 9. Abstract.pdf] Text
9. Abstract.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 11. Daftar Tabel.pdf] Text
11. Daftar Tabel.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 14. BAB I Pendahuluan.pdf] Text
14. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 15. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf] Text
15. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 16. BAB III Metode Penelitian.pdf] Text
16. BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of 17. BAB IV Deskripsi Data Hasil Penelitian.pdf] Text
17. BAB IV Deskripsi Data Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of 19. Daftar Pustaka.pdf] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 20. Lampiran dan Biodata Penulis.pdf] Text
20. Lampiran dan Biodata Penulis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kelurahan merupakan salah satu lembaga pelayanan yang diharapkan
dapat menjadi ujung tombak dalam memberi pelayanan kepada masyarakat yang
berlandaskan prinsip-prinsip good governance. Kepastian dalam memberikan
pelayanan merupakan salah satu langkah awal yang dapat menjamin pelayanan
yang baik kepada masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam
rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik adalah dengan menyusun
standar pelayanan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pelayanan agar dapat
memberikan pelayanan yang berkualitas dan terstandarisasi kepada masyarakat.
Setiap penyelenggara pelayanan diharapkan mampu menyusun,
menetapkan dan menerapkan standar pelayanan dengan baik, konsisten dan
selaras dengan kemampuan penyelengara sehingga mendapatkan kepercayaan
dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan pedoman
standar pelayanan yang dapat menjadi acuan untuk penyelenggara pelayanan
publik di Kelurahan Maccini Gusung dan untuk menyediakan standar pelayanan
bagi masyarakat, agar masyarakat dapat teredukasi dan memahami alur
pelayanan pada Kelurahan Maccini Gusung.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan
penelitian dipilih secara purposive sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data.
Dari hasil penelitian diperoleh dokumen standar pelayanan terkait jenis pelayanan
pembuatan surat pengantar akta kelahiran, surat keterangan domisili, surat
keterangan belum menikah, surat pengatar rekomendasi izin mendirikan
bangunan, dan retribusi pelayanan sampah.
Kata Kunci: Kelurahan, Pelayanan Publik, Standar Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2022
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:25
Last Modified: 12 Aug 2024 03:25
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item
View Item