Anindhita, Andjani (2022) PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MELALUI PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI KANTOR KELURAHAN KALEGOWA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (638kB)
![[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (630kB)
![[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (445kB)
![[thumbnail of 7. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. ABSTRACT.pdf
Download (500kB)
![[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
![[thumbnail of 16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
![[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kualitas pelayanan publik merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh
Pemerintah, tanpa terkecuali pada Kelurahan Kalegowa. Maka dari itu Kelurahan
Kalegowa sebagai bagian dari pemerintahan memiliki kewajiban untuk
menyediakan pelayanan yang prima kepada masyarkat guna menciptakan
pelayanan yang berkualitas. Maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu untuk
membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka
penyelenggaraan pelayanan melalui perancangan Standar Operasional Proser
terkhusus pada kantor Kelurahan Kalegowa. Berdasarkan hasil observasi awal
diketahui bahwa Kelurahan Kalegowa sampai saat ini belum memiliki Standar
Operasional Prosedur dalam menjalakankan pelayanan publik, maka upaya yang
dapat dilakukan oleh Kelurahan Kalegowa untuk ikut serta dalam
menyelenggarakan pelayanan publik yaitu dengan melakukan pengembangan
Standar Operasional Prosedur untuk menciptakan Standar pelayanan yang
konsisten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang juga
merupakan tujuan dari penelitian ini.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif melalui metode observasi lapangan, wawancara dan telaah dokumen.
Dalam pengembangan Standar Operasional Prosedur pada penelitian ini
dilakukan dengan tiga tahapan, tahap pertama yaitu melakukan analisis
kebutuhan, selanjutnya pengembangan Standar Operasional Prosedur dan tahap
terakhir yaitu penetapan Standar Operasional Prosedur.
Hasil penelitian ini menghasilkan tiga alternatif Prosedur pelayanan yang
kemudian distandarkan menjadi Standar Operasional Prosedur Pelayanan Surat
Keterangan Tidak Mampu, Standar Operasional Prosedur Pelayanan Surat
Keterangan Domisili Usaha dan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Surat
Keterangan Domisili. Adapun proses yang dilalui sebelum menghasilkan Standar
Operasional tersebut yaitu terbagi dalam tiga tahapan, yang pertama melakukan
penilaian kebutuhan, selanjutnya melakukan pengembangan Standar Operasional
Prosedur dan tahap akhir yaitu melakukan review dan sosialisasi terhadap Standar
Operasional Prosedur yang telah dibuat.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Standar Operasional Prosedur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2022 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:00 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:00 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/688 |