Muhammad, Nizar Abdullah (2024) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUSKESMAS DAHLIA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (286kB)
![[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 06. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. KATA PENGANTAR.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 08. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. ABSTRACT.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of 09. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. DAFTAR ISI.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
![[thumbnail of 16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (893kB)
![[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (9MB)
Abstract
Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkembang secara
terus-menerus, sehingga perlunya pemerintah untuk memberikan sikap baik
melalui pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Salah satu
kebutuhan masyarakat saat ini ialah mendapatkan pelayanan kesehatan.
Pelayanan bidang kesehatan merupakan suatu hal yang penting dalam mengukur
tingkat kesejahteraan masyarakat pada suatu daerah. Akan tetapi, sering kali
ditemui banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang
kurang maksimal, berbelit-belit, lambat, mahal dan susah untuk dijangkau. Adapun
salah satu pelayanan kesehatan yang cukup mendapatkan tanggapan buruk dari
masyarakat ialah Pusat Kesehatan Masyarakat. Pada penelitian ini, dilakukan
kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Dahlia
yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei
Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Adapun latar
belakang dari pengadaan survei ini akibat terdapatnya beberapa keluhan
masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Dahlia yang dibuktikan dengan
hadirnya fakta pada ulasan masyarakat di platform Google Review Puskesmas
Dahlia Kota Makassar. Puskesmas Dahlia merupakan fasilitas kesehatan dengan
tipe non rawat inap sehingga memudahkan para masyarakat untuk dapat
melakukan pengobatan rawat jalan.
Penelitian ini menggunakan metode mixed methods yang
menggambungkan metode kualitatif dan kuantitatif sehingga pengumpulan data
penelitian jauh lebih jelas dan relavan.
Berdasarkan hasil penelitian setelah menganalisis sembilan unsur pada
pelayanan Puskesmas Dahlia, dapat diketahui bahwa pelayanan kesehatan yang
diberikan sudah terbilang baik. Adapun nilai tertinggi terdapat pada unsur
biaya/tarif dengan nilai 3,98. Sementara unsur pelayanan dengan nilai terendah
terdapat pada unusr waktu dengan nilai 2,55. Adapun hasil perhitungan dari Survei
Kepuasan Masyarakat pada pelayanan Puskesmas Dahlia Kota Makassar berhasil
mendapatkan nilai 81 dengan memperoleh predikat mutu pelayanan yang Baik (B).
Kata Kunci : Survei Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat,
Pelayanan Publik, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2024 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:16 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:16 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/741 |