Sophia, Carolina Kando Ma’dika (2024) ANALISIS KEPUASAN LAYANAN MELALUI SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DIPERPUSTAKAAN UMUM KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 06. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. KATA PENGANTAR.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 08. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. ABSTRACT.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 09. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. DAFTAR ISI.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
![[thumbnail of 16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (675kB)
![[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pelayanan kepada masyarakat telah menjadi tujuan yang utama dalam
penyelenggaraan administrasi publik. Pada prinsipnya,pelaksanaan pelayanan
publik ditujukan kepada manusia. Sudah menjadi kodratnya setiap manusia pasti
membutuhkan pelayanan, bahkan secara ekstrim dapat dikatakan bahwa
pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Di Indonesia
penyelenggaraan pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis
karena perbaikan pelayanan publik di negara ini cenderung berjalan di tempat,
sedangkan implikasinya sebagaimana diketahui sangat luas karena menyentuh
seluruh ruang-ruang kepublikan baik dalam kehidupan kesehatan,ekonomi, sosial,
politik, budaya dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks
kepuasan masyarakat terhadap pelayanan diperpustakaan umum kota makassar
yang merupakan salah satu intansi yang memberikan pelayanan kepada publik
dalam bidang pendidikan.
Metode penelitian ini adalah Mixed Methods yang menggunakan dua
pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif untuk
memperoleh hasil yang akurat. Dalam pengumpulan data survei, penulis
menyebarkan kuesioner baik secara fisik atau langsung maupun secara online
atau e-survei. Responden yang dibutuhkan untuk mengisi kuesioner ini yaitu
berjumlah 341 orang yang didapatkan dari hasil perhitungan sampel
menggunakan rumus Krejcie dan Morgan dari populasi pengunjung perpustakaan
dibulan Januari 2023 - Desember 2023.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai dari indeks kepuasan
masyarakat terhadap pelayana di Perpustakaan Umum Kota Makassar ini adalah
71,75 dan masuk pada kategori mutu C atau Kurang Baik. Rinciannya, terdapat
satu unsur pelayanan yang mendapatkan B yaitu biaya, tujuh unsur pelayanan
yang mendapatkan C yaitu persyaratan, prosedur, waktu, produk, kompetensi
pelaksana, perilaku penaksana, danpenanganan, pengaduan, saran, dan
masukan dan satu unsur pelayanan yang mendapatkan D yaitu sarana dan
prasarana.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Layanan Perpustakaan, Kepuasan Masyarakat,
Survei Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2024 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:29 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/747 |