Purnawati, Purnawati (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 1. PURNAWATI (APK).pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. PURNAWATI (APK).pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah”
Bagaimanakah analisis kualitas pelayanan rawat inap di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi
Makassar ditinjau dari dimensi 1) Ketepatan waktu pelayanan; 2) Akurasi pelayanan;
3) Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan; 4) Tanggung jawab;
5) Kelengkapan; 6) Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan terhadap kualitas
pelayanan rawat inap di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi. Berdasarkan permasalahan
tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas kualitas
pelayanan rawat inap di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
dengan pendekatan deskritif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah informan yaitu Kepala ruangan, Direktur/Wadir Pelayanan
Medik, Pasien rawat inap, Perawat /Bodan dan Dokter Penanggung Jawab
Pelaksana sebanyak 14 informan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,
Observasi dan Telaah dokumen. Data dalam penelitian ini ditampilkan secara
triagulasi dan dibahas secara interpretative berdasarkan teori dan fakta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pada indikator ketepatan
waktu pelayanan sudah baik. Dilihat dari proses jadwal pelayanan rumah sakit
(visite) yang dilakukan oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) sudah
tepat waktu sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO). Pada indikator
akurasi pelayanan termasuk dalam kategori berkualitas dimana kemampuan para
petugas (Dokter,Perawat/Bidan) dalam menetapkan diagnosis penyakit bebas dari
kesalahan-kesalahan. Pada indikator kesopanan dan keramahan dalam memberikan
pelayanan dalam kategori cukup baik dilihat dari cara melayani pasien sudah
memberikan pelayanan dengan prinsip 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan,Santun).
Namun teknik berkomunikasi masih perlu diperbaiki. Pada indikator tanggung jawab
sudah dalam kategori baik karena sudah ada jaminan keamanan dan keselamatan
pasien. Pada indikator kelengkapan dalam kategori baik dengan kondisi rumah sakit
yang bersih dan sarana yang ada sudah lengkap, hanya perlu adanya kepedulian
dari pegawai untuk menjaga sarana prasarana yang ada. Pada indikator kemudahan
mendapatkan pelayanan dalam kategori berkualitas dimana prosedur pelayanan
yang mudah, jelas dan tidak berbelit-belit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 00:31 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 00:45 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/77 |