PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN PALLEKO KABUPATEN TAKALAR

Rizka, Dwi Putri Fatimah (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN PALLEKO KABUPATEN TAKALAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1 SAMPUL LUAR.pdf] Text
1 SAMPUL LUAR.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 7. ABSTRACT.pdf] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of 16. BAB IV PEMBAHASAN.pdf] Text
16. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya manusia adalah elemen utama pada sebuah perusahaan,
termasuk pemerintah yang bertanggung jawab menyediakan pelayanan publik
yang baik bagi masyarakat. Setiap penyelenggara layanan publik wajib
mempunyai standar pelayanan untuk menjamin keyakinan pelanggan. Standar
pelayanan adalah dokumen yang dibakukan pada penyelenggaran layanan publik
sebagai pedoman yang harus dituruti dan dilaksanakan penyelenggara pelayanan
dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mayarakat atau penerima layanan
guna menunjang kenaikan kualitas pelayanan publik. Namun suatu lembaga
layanan publik yang ada di Kabuputen Takalar tepatnya di Kantor Kelurahan
Palleko, pelayanan publik belum optimal dikarenakan belum terdapat dokumen
standar pelayanan dan informasi yang memadai, sehingga mempengaruhi kualitas
pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun standar pelayanan agar
mengembangkan kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan Palleko dengan
menyusun mengimplementasikan standar pelayanan sesuai dengan Permenpan
RB nomor 15 Tahun 2014.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan
mengumpulkan data deskriptif melalui wawancara, observasi langsung, telaah
dokumen, serta Focus Group Discussion bersama masyarakat dan penyelenggara
pelayanan terkait proses pelayanan dan pengelolaan pelaksana pelayanan.
Hasil penelitian menghasilkan empat dokumen standar pelayanan untuk
jenis pelayanan Surat Pengantar Nikah, Surat Keterangan Usaha, Surat
Keterangan Miskin, dan Surat Keterangan Identitas, serta maklumat pelayanan
sebagai pernyataan janji penyedia layanan dalam memberi layanan unggul sesuai
kriteria layanan dan undang-undang yang relevan.

Kata Kunci : Pelayanan publik, Kualitas pelayanan, Standar pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2024
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:48
Last Modified: 13 Aug 2024 02:48
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item
View Item